Nemo 33: a 108-foot Deep Swimming Pool (video/pics) Gadget Review818 × 1259Search by image Tweet ...

Nemo 33: a 108-foot Deep Swimming Pool (video/pics) Gadget Review818 × 1259Search by image Tweet …

Di Brussels, Belgia, terdapat kolam renang yang kedalamannya mengerikan untuk ukuran kolam renang, 34,5 meter; hampir seperti kedalaman sebuah danau. Karenanya Nemo 33, nama kolam renang ini, sempat dicatat sebagai kolam renang terdalam di dunia.

Kendati kemudian pada 2014 rekor dunia atas Nemo dipecahkan satu kolam renang yang ada di Italia, Nemo 33 merupakan kolam renang pertama di dunia yang terdalam, yakni dibangun pada 1 Mei 2004.

Dengan kedalaman tersebut, Nemo 33 dapat menampung 2,5 juta liter air. Di kedalaman kolam renang, dibangun ruang-ruang bagai gua dan dilengkapi jendela bawah air.

Jendela tersebut sebenarnya agar pengunjung di luar kolam renang dapat melihat ke dalam kolam renang di berbagai jarak kedalaman.
Untuk menjaga agar para penyelam tetap merasa hangat, air yang digunakan telah melalui proses penyaringan dan dijaga dalam suhu 30 derajat celsius.

Tujuan pembuatan kolam renang yg didesain John Beernaerts, seorang ahli selam Belgia, ini, adalah untuk tempat pelatihan menyelam, riset, tempat produksi film, bahkan rekreasi.

Nemo 33 menghabiskan masa pembangunan selama 7 tahun, dan menguras dana hingga 3 juta dolar AS, kelima termahal dibanding empat kolam renang lainnya

Ada syarat bagi yang ingin berenang di sini, yakni harus berumur lebih dari 12 tahun dan sehat. Semua perenang harus berenang di bawah pengawasan ahli selam.

Akan tetapi pada 2014, rekor kolam renang terdalam di dunia pecah. Ialah kolam renang Y-40 The Deep Joy yang terdapat di hotel Terme Milepini, Montegrotto Terme, Padua, Italia. Kolam renang ini sesuai yang tertera pada namanya, memiliki kedalaman 5,5 meter lebih dalam daripada Nemo 33.

Dengan kedalaman 40 meter atau setara 131kaki, Y-40 The Deep Joy dapat menampung volume air sebesar 4.300 meter kubik. Suhu di dalam air diatur antara 32-34 derajat celcius.

Y-40 selain memiliki gua-gua seperti Nemo 33, juga dilengkapi terowongan kaca yang transparan. Dari terowongan tersebut, tamu hotel bisa mengamati aktivitas para peselam.

Y-40 lebih ditujukan pemiliknya untuk paket wisata freediving dan scubadiving.

Belakangan, hotel dengan 100 kamar yang dirancang arsitek terkenal Emanuele Boaretto yang sekaligus pemilik hotel tersebut, akhirnya dicatat dalam Guiness World Records karena memiliki kolam renang paling dalam di dunia..***(ra)

Share the knowledge