Kim Jong Un Was 'Deeply Moved' After K-Pop Performance : The ... Newsgw A picture provided by North Korea's official Korean Central News Agency shows North Korean leader Kim Jong Un (back, center) and his wife Ri Sol-Ju (second ...

Kim Jong Un Was ‘Deeply Moved’ After K-Pop Performance : The … Newsgw A picture provided by North Korea’s official Korean Central News Agency shows North Korean leader Kim Jong Un (back, center) and his wife Ri Sol-Ju (second …

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dan istrinya, Ri Sol Ju, termasuk di antara ratusan orang di Pyongyang yang pada hari Minggu (1/4/2018) menyaksikan girls band Korea Selatan tampil di Korea Utara untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Ketegangan antara para rival lama ini diduga sedang mencair.

Ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Korea Utara menghadiri pertunjukan Korea Selatan di ibukota Korea Utara. Kim terlihat bertepuk tangan untuk beberapa lagu dan mengambil foto dengan para penyanyi setelah pertunjukan.

“Kawan pemimpin kami yang tersayang mengatakan hatinya menggelembung dan dia tergerak oleh pandangan orang-orangnya dalam memperdalam pemahaman mereka tentang budaya populer Korea Selatan dan bersorak dengan tulus,” kata media pmerintah Korea Utara, KCNA.

Para penonton Korea Utara bertepuk tangan, bersorak, bernyanyi bersama untuk beberapa lagu, dan kemudian mengalungi para artis Korea Selatan itu dengan karangan bunga. “(Kim Jong Un) menunjukkan banyak minat selama pertunjukan dan bertanya tentang lagu dan lirik,” kata Menteri Kebudayaan Korea Utara, Do Jong-whan, kepada wartawan setelah pertunjukan.

Pertunjukan ini bertepatan dengan dimulainya latihan gabungan militer gabungan Korea Selatan-AS tahunan. Sebelumnya, latgab mereka selalu diganggu pembatalan dan peluncuran rudal oleh Korea Utara, dan sempat ditunda serta diperpendek durasinya untuk tahun ini agar tidak melewati pelaksanaan olimpiade musim dingin yang digelar belum lama ini di Korea Selatan.

Pencairan hubungan baru-baru ini, yang bahkan dapat mengarah ke pertemuan puncak antara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump yang dijadwalkan Mei, menyusul berbulan-bulan ketegangan meningkat setelah Korea Utara melakukan peluncuran rudal dan uji coba nuklir tahun lalu yang menentang sanksi Dewan Keamanan PBB.

Konser Minggu diadakan dengan judul “Spring is Coming” di East Pyongyang Grand Theatre, yang dilakukan oleh barisan artis elit Korea Selatan termasuk vokalis veteran Cho Yong-pil, Lee Sun-hee, bintang rock Yoon Do-hyun dan penyanyi Baek Ji-young, serta girls band Red Velvet.

 

 

Seperti judul konser, pertunjukan itu telah membawa “musim semi perdamaian” ke kedua Korea. Dikutip KCNA, Kim juga menyatakan harapan untuk “musim gugur yang sejahtera”. Wajah pemimpin Korea Utara itu sedikit memerah dalam foto grup dengan anggota girls band yang memiliki followers di Instagram sebanyak 4,6 juta ini.

Konser dua jam itu terwujud sejak Kim menyatakan kesediaan untuk lebih banyak kontak antara kedua negara. Ini sudah terlihat ketika atlet Korea Utara dan Korea Selatan berbaris di bawah bendera semenanjung bersatu pada upacara pembukaan di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Februari lalu. 

Dilansir BBC, harapan Korut dan Korsel akur ini muncul ketika pada Januari silam Seoul mengonfirmasi menerima telepon dari Pyongyang pada pukul 15.30. Waktu itu Kim mengaku akan mempertimbangkan pengiriman altet pada olimpade musim dingin di Korea Selatan.

Kedua negara itu nyaris tidak pernah mengadakan pembicaraan tingkat tinggi sejak Desember 2015. Korea Utara pernah memotong saluran komunikasi dengan Korea dan menolak menjawab panggilan.

 

 

Pencairan signifikan dalam hubungan antar-Korea telah membuat mereka menetapkan tanggal untuk KTT pertama mereka dalam lebih dari satu dekade pada tanggal 27 April. Kedua Korea secara teknis masih berperang setelah konflik 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai.

Akan tetapi gambar Kim berpose dan tertawa bersama bintang pop Korea Selatan dan bertepuk tangan di tribun, kontras dengan laporan dari pembelot Korea Utara yang mengatakan Kim telah mengawasi keras media asing. 

“Pengungsi Korea Utara secara luar biasa dan konsisten melaporkan bahwa telah menjadi lebih berbahaya untuk mengonsumsi media asing (yang berada) di bawah kendali Kim Jong Un,” kata Sokeel Park, direktur negara Korea Selatan untuk organisasi bantuan pengungsi Liberty di Korea Utara, di Twitter.

Survei tahun 2015 terhadap para pengungsi Korea Utara yang dilakukan oleh Dewan Gubernur Penyiaran pemerintah AS menemukan bahwa 77 persen responden mengatakan bahwa telah menjadi lebih berbahaya mendengarkan radio asing di bawah kendali Kim.(***/reuters)

 

Postcomended   Maia Estianty Mengaku Cucu Istri Pertama Sukarno, Istri yang Tak Pernah "Disentuh"

#korea #korean #bts #exo #peace #meditation #seoul #spiritual #smtown #faith #spirituality #kpopf4f #hope #exol #goodvibes #kpopl4l #bangtanboys #happiness #jimin #namaste #jungkook #freedom #god #hippie #religion #unity #suga #soul #wisdom #jin #jhope #exok #consciousness #joy #exom #islam #got7 #universe #rapmonster #v #한국 #energy #snsd #truth #yoga #taehyung #zen #sehun #bangtan #enlightenment #pray #chanyeol #bigbang #compassion #meditate #yg #kai #shinee #baekhyun #calm #방탄소년단 #southkorea #서울 #kdrama #韓国 #ig_korea #asia #여행 #china #풍경 #사진 #seoul_korea #asian #koreanstyle

Share the knowledge