Loading...
Internasional

Dua Planet Serupa Bumi Ditemukan Tak Jauh di Tata Surya Tetangga

Share the knowledge

Astronom temukan planet mirip Bumi di tata surya tetangga dengan mataharinya hanya berjarak 12,5 tahun cahaya (gambar ilustrasi dari: https://www.youtube.com/watch?v=uKQz1a7c2Q0)

Astronom temukan planet mirip Bumi di tata surya tetangga dengan mataharinya hanya berjarak 12,5 tahun cahaya (gambar ilustrasi dari: https://www.youtube.com/watch?v=uKQz1a7c2Q0)

Dengan mataharinya hanya berjarak 12,5 tahun cahaya, peneliti menemukan dua planet serupa Bumi yang bersembunyi di tata surya tetangga kita. Matahari mereka dikenal sebagai “bintang Teegarden”.

Teegarden yang merupakan salah satu dari bintang terkecil dan paling redup yang diketahui, membuatnya dan planet-planet yang didukungnya, sangat sulit dikenali, kata para peneliti, seperti dilaporkan laman The Independent.

Karena sangat gelap, bintang ini hanya pernah terlihat pada 2003, meskipun tergolong begitu dekat dengan kita. Tetapi itu juga merupakan tempat yang relatif tenang, tanpa sinar matahari yang menyengat atau aktivitas lain yang dapat melenyapkan segala sesuatu yang mencoba untuk tinggal di dekatnya.

Postcomended   17 Juli dalam Sejarah: JW Marriot dan Ritz Carlton Dibom, JI Diduga Dalangnya

Temuan terbaru ini menyebutkan bahwa para ilmuwan yang telah mempelajari bintang redup itu mengatakan ada planet yang melayang di sekitarnya yang terlihat sangat mirip dengan planet kita. Saking miripnya, peneliti beranggapan bahwa dua planet ini bisa memiliki kondisi sempurna untuk mendukung kehidupan “alien”.

Salah satu dari dua planet ini dikatakan paling mirip dengan Bumi yang pernah ditemukan. Itu dihitung dengan bagaimana ukurannya dibandingkan dengan Bumi dan seperti apa suhunya; meskipun untuk saat ini para peneliti hanya mengetahui massa minimumnya, dan tidak tahu persis seberapa besar ukurannya.

Mungkin Ada Sungai

Di planet itu mungkin ada air yang mengalir dan kawasan berbatu. Tetapi mereka menekankan berapa banyak yang tersisa untuk belajar tentang dunia, dan banyak perhitungan saat ini dilakukan dengan menggunakan perkiraan.

Postcomended   New York Times: Facebook Izinkan Bing Melihat Data Teman Para Penggunanya

Para peneliti mengatakan ada kemungkinan 60 persen planet ini memiliki lingkungan yang beriklim sedang di permukaannya, dan suhu di sana diperkirakan secara kasar sejalan dengan hari di sebagian besar Bumi.

“Kedua planet itu menyerupai planet bagian dalam tata surya kita,” kata pemimpin penulis Mathias Zechmeister dari Institute for Astrophysics di University of Gottingen, dalam sebuah pernyataan. “Mereka hanya sedikit lebih berat dari Bumi dan terletak di zona layak huni, di mana air dapat hadir dalam bentuk cair.”

Para ilmuwan dapat melihat bintang dari observatorium di Bumi. Mereka berharap untuk memeriksanya lebih lanjut, melihat lebih banyak aktivitas dan lingkungan di sekitarnya dengan harapan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana kondisi di planet-planetnya.***

Postcomended   Pengaruh Besar Diana pada Cara William dan Kate Membesarkan Anak-anaknya
Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top