Internasional

Selebgram AS Ditipu Scammer Mentah-mentah, Sempat Tiba di Jakarta untuk Suatu Proyek Fiktif

Share the knowledge

 

(gambar dari: YouTube)

(gambar dari: YouTube)

Pernah tertipu scammer? Anda tidak sendiri. Dua bintang Instagram yang pergaulannya luas dan tampak cerdas pun bisa tertipu telak oleh para penipu online . Keduanya bahkan sudah terbang ke Indonesia sesuai petunjuk sang scammer, dan menghabiskan ribuan dollar.

Kedua bintang Instagram itu, Henry Wu (41) dan pacarnya Zornitsa “Zory” Shahanska, menceritakan bagaimana mereka ditipu oleh scammer yang menyamar sebagai Wendi Murdoch dan meyakinkan mereka untuk terbang ke Indonesia untuk mengambil foto untuk proyek foto yang ternyata fiktif.

Mereka bahkan telah menghabiskan 7.500 dollar AS untuk penerbangan dan untuk membiayai proyek palsu itu setelah menerima email dari artis penipu yang berpura-pura menjadi mantan istri Rupert Murdoch tersebut.

Wu, pria asal San Francisco, AS, dan Zory berasal dari Bulgaria. Mereka memiliki pengikut Instagram gabungan sebanyak 160.000 pengikut, menjalankan blog, dan merupakan fotografer profesional.

Email tersebut merinci sebuah proyek yang akan “menangkap esensi Cina” di komunitas-komunitas Cina di seluruh Asia Tenggara menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Meskipun ada beberapa “bendera merah”, mereka baru sekali memberikan “biaya” lebih dari 2.000 dolar AS kepada pengemudi mereka yang menurut mereka perlu mengambil foto di depan umum.

Wu, yang mengatakan bahwa dia telah mendengar orang lain menjadi sasaran penipuan serupa di wilayah itu, menggambarkan insiden itu di situs web mereka, This Life of Travel. Dalam sebuah wawancara pada Kamis (17/1/2019), dia mengatakan kepada DailyMail mereka percaya email itu asli setelah meneliti Murdoch dan belajar tentang hasratnya terhadap seni.

Postcomended   Wonderful Indonesia Tebar Pesona di Melbourne

“Saya tahu siapa dia sebelumnya, meskipun pada skala umum. Kami benar-benar melakukan riset terhadapnya setelah panggilan awal dan melihat bahwa dia sangat terlibat dalam dunia seni dan filantropi, jadi itu sedikit menambah keyakinan bagi kami,” kata Wu.

Email awal yang meyakinkan datang dari alamat me@wendimurdoch.com dan menyebutkan Pilar Guzman, kontributor Conde Nast Traveler yang baru-baru ini bekerja dengan pasangan itu. Email itu memuji foto-foto mereka dan bertanya apakah mereka tersedia untuk panggilan telepon untuk membahas proyek.

Sekitar seminggu kemudian, Wu dan Zory, yang menggarap Instagram bersama yang berfokus pada aktivitas perjalanan mereka, berbicara kepada scammer tersebut via telepon. Dalam posting blog di situs web mereka yang dipublikasikan Kamis, Wu menulis: “Ketika dia berbicara, dia memperkenalkan dirinya dengan aksen menarik yang merupakan campuran dari Asia, Inggris, dan Pantai Timur (Wu menggambar suaranya mirip karakter yang dimainkan Michelle Yeoh di film “Crazy Rich Asian”).

Scammer bertanya apakah mereka akan melakukan perjalanan ke beberapa lokasi, mengambil foto dan kemudian mengirimkannya untuk pameran? Yakin bahwa mereka berbicara dengan orang sungguhan, pasangan itu mereaksi dengan senang. Murdoch dikenal secara internasional sebagai pengusaha wanita dan penggila seni.

Proyek ini seharusnya menyoroti budaya Cina di luar Cina, khususnya komunitas Cina yang tumbuh di Asia Tenggara. “Kami berpikir bahwa lokasinya adalah di Malaysia atau Thailand, yang memiliki komunitas Cina yang lebih besar dan area yang lebih fotogenik. Tetapi dia meyakinkan kami untuk pergi ke Jakarta, yang memang memiliki komunitas Cina juga,” ujar Wu.

Postcomended   1D ZIARAH JAKARTA-BANTEN

Ketika “asistennya” kemudian memberi tahu mereka untuk membayar uang untuk penerbangan mereka sendiri pada hari berikutnya ke Jakarta, mereka ragu tetapi tidak sepenuhnya putus asa.

“Setelah beberapa panggilan lagi untuk negosiasi anggaran dan jadwal, kami menyepakati harga yang lebih tinggi dan jadwal yang lebih lama dari yang dia tawarkan. Dia juga mengatakan bahwa kita harus memesan tiket sendiri ke Jakarta karena dia mengurus hotel dan semua penerbangan internal melalui jet pribadi.

Wu tidak curiga karena dia mengaku tidak asing dengan pola-pola membayar lebih dulu seperti itu. Menurutnya, di masa lalu mereka melakukan proyek-proyek di mana mereka harus membayar biaya perjalanan terlebih dahulu. “Kami juga telah melakukan proyek-proyek lain di masa lalu (walaupun dengan perusahaan besar) di mana kami harus membayar biaya perjalanan terlebih dahulu untuk kemudian diganti,” tulisnya di situs webnya.

Meskipun sejumlah kejanggalan muncul seperti nama pengacara yang tampaknya tidak dapat dilacak secara online, mereka terbang juga ke Jakarta.

Rasa takut mereka mulai menemukan jawabannya ketika mereka berbicara dengan seorang fotografer Jerman di sebuah kuil Cina yang mengatakan bahwa dia juga bekerja untuk Wendi Murdoch pada proyek yang sama. Kecemasan semakin meningkat ketika mereka bertanya kepada seorang teman yang tinggal di daerah setempat apakah dia pernah mendengar penipuan seperti itu terjadi sebelumnya.

Sang teman mengiriminya tautan artikel di Hollywood Reporter yang merinci skema penipuan yang hampir sama di mana para penipu telah menyamar sebagai produser Hollywood. Wu segera saja mengamankan rekening banknya dan informasi online mereka.

Postcomended   Selain Menegangkan, Wisata Alam Kalibiru Juga Sangat Instagramable

Mereka juga memutuskan untuk segera keluar dari Jakarta dengan kecemasan adanya keterlibatan secara lokal (staf hotel, polisi setempat, dll). “Kami hanya bisa bersantai setelah kami melewati imigrasi di Kuala Lumpur,” katanya kepada DailyMail. Pasangan ini belum melaporkan percobaan penipuan mereka ke polisi di AS atau di Indonesia.

Sebagai gantinya, mereka telah menyerahkan semua informasi mereka kepada perusahaan penyelidik swasta yang mereka katakan sudah menyelidiki penipuan itu. Wu dan Zory lantas memperingatkan bintang media sosial lainnya untuk tidak jatuh tertipu pada tawaran pekerjaan yang sama menariknya dari selebriti atau perusahaan tanpa sepenuhnya memeriksa mereka.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top