The first self-driving trip from Dubai to Abu Dhabi has been ... What's On Dubai963 × 400Search by image self driving car dubai

The first self-driving trip from Dubai to Abu Dhabi has been … What’s On Dubai963 × 400Search by image self driving car dubai

Anggota dari negara-negara kaya minyak, Uni Emirat Arab (UEA), mungkin jadi tempat yang aneh untuk taksi listrik. Tapi bukan Dubai namanya jika tak berani bertaruh besar untuk suatu proyek kekinian sekaligus kontriversial, yakni mengoperasikan armada taksi menggunakan mobil listrik buatan Tesla Motors. Mobil-mobil yang dipesan ini adalah Model S dan X. Kedua model ini pernah terlibat dalam kasus kecelakaan yang diduga terkait sistem autopilot-nya.

Dilansir situs The Drive dari Gulfnews, Dubai Taxi Corporation telah meluncurkan armada 50 mobil Tesla Model S dan X pada September ini. Pembelian massal tersebut merupakan perintah penguasa Dubai, Sheikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, yang juga Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA.

Ke-50 mobil tersebut merupakan bagian dari 200 unit yang dipesan oleh Otoritas Jalan dan Angkutan Dubai. Rencana ini sendiri telah diumumkan pada Februari lalu.

Postcomended   Intel Jajal Mobil Swakemudi: 2030, Mobil Swakemudi Bakal Padati Jalanan Amerika

Meskipun bukan berarti Dubai tak sepenuhnya tak tertarik pada isu emisi gas buang Tesla yang nol, keputusan menggunakan mobil listrik Tesla tampaknya lebih karena teknologi autopilot-nya.

Pihak Tesla sendiri berharap penerapan mobil listrik autopilot ini akan membentuk fondasi bagi terbentuknya budaya mobil swakemudi sepenuhnya; sesuatu yang benar-benar diminati para pejabat Dubai.

Pemerintah menginginkan 25 persen perjalanan di Dubai menjadi tanpa sopir pada tahun 2030. Menyusul pengiriman 50 mobil pertama, Dubai berencana mendatangkan 75 Tesla berikutnya pada 2018, dan 75 lainnya pada 2019 hingga mencapai jumlah yang telah dinyatakan sebelumnya yakni 200 unit.

Rent A Car Dubai | Hire Luxury Cars, Buses & Vans With Driver | Diamond Car Rental Company diamond-uae.com4179 × 1583Search by image

Rent A Car Dubai | Hire Luxury Cars, Buses & Vans With Driver | Diamond Car Rental Company diamond-uae.com4179 × 1583Search by image

Tesla sendiri tidak sepenuhnya siap untuk mobil otonom di segala medan, sehingga berencana menambahkan kemampuan itu melalui pembaruan perangkat lunak agar mobil-mobil ini bisa menyetir sendiri di beberapa titik.

Postcomended   Bus Ulang-alik Swakemudi Tabrakan di Hari Pertama Menjajal Jalanan

Tapi mengembangkan mobil otonom adalah kerja keras. Apalagi sistem autopilot ini telah menimbulkan beberapa kontroversi. Jadi, tidak jelas kapan pembaruan perangkat lunak Tesla ini tersedia. Namun ambisi Dubai menjadi pemimpin bagi negeri yang menerapkan mobil-mobil swakemudi, sulit dibantah. 

Dengan pemerintah yang berkomitmen pada taksi otonom ini, boleh jadi Dubai akan menyingkirkan hambatan besar lain, misalnya menciptakan peraturan yang bisa melempangkan penyebaran mobil-mobil otonom tersebut. Di negara lain, terbukti peraturannya tidak menentu, setidak-menentunya teknologi itu sendiri.

Kenyataannya mobil listrik Tesla telah menimbulkan dua kecelakaan, satu tewas. Kedua kecelakaan ini pun melibatkan Tesla model S dan X. Fitur autopilot dituding sebagai penyebabnya.

CEO Tesla, Elon Musk, berkali-kali mengatakan, adanya fitur autopilot tidak berarti pengendara sama sekali melepas kendali mobil.

Salah satu kecelakaan tersebut adalah yang menimpa Albert Scaglione (77) di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), yang mengendarai Tesla Model X pada 1 Juli 2017.

Postcomended   Autopilot Tesla-S Harus Tetap di Bawah Kendali Pengemudi

Dikutip dari CNN, kecelakaan tersebut terjadi karena, setelah autopilot diaktifkan, Scaglione melepas kendali atas setir mobil. Scaglione hanya mengalami luka-luka.

Sebelumnya, awal Mei lalu, seorang pengemudi Tesla Model S tewas di Williston, Florida, AS, akibat bertabrakan dengan truk trailer. Kala itu si korban sedang menyalakan fungsi autopilot.***

Dubai soars into future as it unveils self-driving FLYING taxis to ... Daily Express898 × 701Search by image Tesla Model S autopilot

Dubai soars into future as it unveils self-driving FLYING taxis to … Daily Express898 × 701Search by image Tesla Model S autopilot