Donald Trump Sesumbar, Perang Dagang Tidak Mengenai AS, Tapi ... Tribunnews.com Donald Trump Sesumbar, Perang Dagang Tidak Mengenai AS, Tapi Memukul Mereka

Donald Trump Sesumbar, Perang Dagang Tidak Mengenai AS, Tapi … Tribunnews.com Donald Trump Sesumbar, Perang Dagang Tidak Mengenai AS, Tapi Memukul Mereka

Eropa sedang menggodok rencana penerapan tarif untuk produk-produk asal Amerika Serikat (AS) seperti Harley-Davidson (HOG), wiski khas Amerika Bourbon dan jeans merek Levi’ssebagai tindakan balasan terhadap langkah Presiden Donald Trump menerapkan tarif yang tinggi untuk impor baja dan aluminium.

Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker telah mengidentifikasi produk yang akan dijadikan target untuk merespon kebijakan tarif Donald Trump, kata juru bicara komisi kepada CNN.

Trump mengatakan Kamis (1/3) Amerika akan memberlakukan tarif impor sebesar 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium. Sebuah langkah kontroversial yang dikecam oleh sekutu terdekat Amerika dan sejumlah negara mitra dagang.

Perang Dagang Memanas, Uni Eropa Membalas dengan Tarif Impor 25 ... Tribunnews.com Perang Dagang Memanas, Uni Eropa Membalas dengan Tarif Impor 25 Persen untuk Celana Jins Levi's

Perang Dagang Memanas, Uni Eropa Membalas dengan Tarif Impor 25 … Tribunnews.com Perang Dagang Memanas, Uni Eropa Membalas dengan Tarif Impor 25 Persen untuk Celana Jins Levi’s

Sebelumnya Uni Eropa mengatakan akan merespon kebijakan tarif Amerika dengan cepat, tegas dan proporsional.

Postcomended   Presiden Duterte: Filipina Siap Keluar dari PBB Bila Kritisi Hukum Kami

Harley-Davison menolak memberi komentar soal keputusan Komisi Eropa yang dikeluarkan Jumat (2/3), sedangkan Levi’s mengeluarkan pernyataan yang intinya mendukung perdagangan bebas.

“Kami mendukung pasar terbuka dan perdagangan bebas dimana setiap orang bermain sesuai aturan; tindakan ini (kebijakan tarif Donald Trump) bukan hanya merugikan produk (merek) Amerika dan para pekerja tapi juga menimbulkan gaung yang dapat mengganggu konstelasi ekonomi global,” kata juru bicara perusahaan.

Pembenaran kebijakan tarif – atas nama kepentingan keamanan nasional – juga mendapat kecaman keras dari sejumlah negara sekutu AS. Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel menganggap alasan pemerintahan Trump memberlakukan tarif impor sebagai sesuatu yang tidak dapat dimengerti.

Postcomended   Isu Monopoli dan Argo Kuda Membelit Bandara Husein

“Uni Eropa harus menanggapi dengan tegas kebijakan hukuman tarif AS yang dapat mengancam hilangnya ribuan lapangan kerja di Eropa. Washington tahu persis tentang hal itu,” kata Gabriel.

Juru bicara Komisi Eropa Alexander Winterstein mengatakan kepada wartawan ke-28 negara anggota Uni Eropa akan bersatu merespon kebijakan tarif tersebut. Komisi akan bertemu Rabu depan untuk mendiskusikan masalah ini.

Uni Eropa bisa juga mengambil ‘tindakan pengamanan’ jika tiba-tiba impor baja menunjukkan tren meningkat. Tindakan yang akan diambil termasuk pengenaan tarif dan kuota impor. Upaya ini dapat segera direalisasikan, kata WInterstein.

Harley-Davidson Forty-Eight | TOP WHEELS topwheels.wordpress.com Harley-Davidson has today revealed their latest “all-new” motorcycle that they add to the 2010 Sportster 1200 lineup, the Forty-Eight. While the bike gets the consecrated H-D air-cooled...

Harley-Davidson Forty-Eight | TOP WHEELS topwheels.wordpress.com Harley-Davidson has today revealed their latest “all-new” motorcycle that they add to the 2010 Sportster 1200 lineup, the Forty-Eight. While the bike gets the consecrated H-D air-cooled…

Alternatif lain adalah mengajukan keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) ihwal keputusan Donald Trump tersebut. Pengamat di UBS mengatakan Eropa punya kesempatan menang yang besar, tetapi prosesnya akan memakan waktu selama 18 bulan.

Postcomended   Sensor Laser Mobil Swakemudi Uber yang Tabrak Seorang Pedestrian Hingga Tewas, Diduga Dikurangi

“Jika Uni Eropa menang, maka AS akan mendapat sanksi ekonomi yang lebih berat,” kata Peter Holmes, ahli perdagangan internasional dari Universitas Sussex.