Darwis's Weblog | Hiduplah untuk menghidupi WordPress.com500 × 321Search by image Fnoviariansyah ...

Darwis’s Weblog | Hiduplah untuk menghidupi WordPress.com500 × 321Search by image Fnoviariansyah …

Ratusan ribu rakyat Prancis berkumpul di pusat kota Paris, minggu (24/3/13), untuk memrotes aturan yang melegalisasi pernikahan sejenis dan adopsi anak oleh pasangan homoseksual (gay dan lesbi). Mereka bergabung di jalan utama hingga Arc deTriomphe.
Sempat terjadi bentrokan dengan aparat polisi yang menembakkan gas air mata dan mendesak demonstran ke Champs Elysees.BBC melaporkan, Senat Prancis akan membahas aturan terkait pernikahan sejenis bulan depan. Aturan tersebut sudah lolos di majelis rendah di parlemen.
Menteri Dalam Negeri Prancis, Manuel Valls, mengatakan, sebagian besar pendemo berasal dari kelompok sayap kanan. Sayap kanan adalah kalangan yang berasal dari komunitas agamais dan agamawan (khususnya Katolik) dan konservatif di Prancis, yang menentang pernikahan sejenis.
Demonstrasi antara kubu pendukung dan penentang aturan pernikahan sejenis ini telah terjadi sejak 2012. Rakyat Perancis terbelah sikapnya atas aturan ini. Januari lalu, ratusan ribu rakyat Perancis turun ke jalan mendukung Rancangan Undang-Undang (RUU) yang mengesahkan pernikahan sejenis dan adopsi anak oleh pasangan sejenis ini. Sebagian besar demonstran adalah aktivis kiri, sosialis, aktivis hak azasi manusia, dan pejuang kesetaraan.

Postcomended   Harta Korupsi Djoko Susilo yang Belum Disita Rp 51 Miliar

Polisi memperkirakan jumlah demonstran mencapai 125 ribu orang. Namun, angka itu lebih kecil dibanding mobilisasi penentang RUU tersebut pada akhir Desember 2012 lalu yang mencapai 340 ribu orang.

Pemerintah Prancis, sesuai dengan janji kampanye Presiden Prancis, Francois Hollande, akan melegalkan pernikahan sesama jenis dengan menggodok RUU tersebut. Dengan begitu, kata ibu dan bapak akan dihapus dalam semua dokumen resmi. Sebagai gantinya, Prancis akan menggunakan kata orang tua dalam setiap perayaan pernikahan heteroseksual maupun homoseksual. Jika disetujui menjadi UU, nantinya Prancis bakal menerapkan kesetaraan hak adopsi bagi kaum homoseksual dan heteroseksual.

Postcomended   Kemesraan Trump dan Putin Patahkan Hati Pemberontak Suriah