First Travel Punya Airsoft Gun Plus Peluru Tajam, untuk Apa? detikNews780 × 438Search by image Bos First Travel Punya Airsoft Gun Plus Peluru Tajam, untuk Apa?

First Travel Punya Airsoft Gun Plus Peluru Tajam, untuk Apa? detikNews780 × 438Search by image Bos First Travel Punya Airsoft Gun Plus Peluru Tajam, untuk Apa?

Semakin digali, masalah yang membelit pasangan pemilik First Travel, Anniesa Hasibuan dan Andika Surachman, makin rumit. Aliran dana klien agen umrah senilai ratusan miliar rupiah, tidak melulu untuk memodali hobi fesyen kelas atas Anniesa, namun juga hobi sang suami. Nilainya tak selangit harga tas Hermes dan mantel Chanel-nya Anniesa, namun hobi si suami menyerempet bahaya dan sebagian ilegal pula. Potensi hukumannya hingga dibui seumur hidup.

Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto, mengatakan, kepemilikan 10 butir peluru tajam dan pistol oleh Andika sebagai persoalan fatal. Apalagi, kata dia, status kepemilikan delapan airsoft gun dan pistol tersebut sebagian ilegal. (Lihat: www.airsoftgun.co.id/prosedur-kepemilikan-airsoft-gun-dan-penggunaannya/)

“Kepemilikan peluru itu tidak main-main. Apalagi ini peluru kaliber 5,56 untuk senjata panjang,” kata Setyo di Jakarta, Selasa (22/8/2017). Setyo menyebutkan, Andika dapat dikenai Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Tentang Senjata Api dan Bahan Peledak.

Postcomended   Istri Munir Ogah Pilih Jokowi Lagi

Dalam pasal itu disebutkan kepemilikan senjata api ilegal diancam hukuman kurungan 20 tahun penjara hingga seumur hidup.

Ihwal peluru 5,56 mm, adalah jenis yang sama dengan peluru yang ditembakkan ke rumah Amien Rais di Yogyakarta, November 2014 silam.

Polisi waktu itu menduga senjata yang digunakan adalah jenis rakitan. Ini disimpulkan dari kondisi selongsong peluru yang rusak. Jika senjata buatan pabrik, selongsong peluru tak akan rusak.

Namun menurut polisi dalam kasus Amien Rais ini menyebutkan bahwa peluru standar pabrik kaliber 5,56 mm bisa digunakan untuk senjata laras panjang atau jenis pistol.

Adapun jenis senjata yang dimiliki Andika yaitu delapan buah airsoft gun laras panjang dan sebuah pistol Bareta 2150. Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim, Brigadir Jenderal Herry Rudolf Nahak, menduga kepemilikan senjata oleh Andika sekadar hobi dan gaya hidup.

Postcomended   Topan Harvey Mengubah Jalanan di Texas Menjadi Lautan

Senjata-senjata tersebut ditemukan kepolisian saat penggeledahan di rumah mewah milik keduanya di Sentul, Kabupaten Bogor. Harga airsoft gun sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Sementara baretta sekitar Rp 12 juta.

Andika adalah tersangka utama kasus penipuan dan penggelapan dana ongkos naik haji dan umrah melalui perusahaannya, First Travel. Sedikitnya ada 35.000 klien yang nasibnya terkatung-katung karena dana umrah mereka telah ditransaksikan untuk membiayani gaya hidup tinggi Andika dan Anniesa.

Ihwal airsoft gun, para pehobinya menolak senjata laras panjang ini dianggap senjata api, melainkan mainan. Agung, salah seorang pehobi airsoft gun anggota Airsofter Indonesia menyebutkan dalam tulisan yang dilansir Kompas.com 2013 silam, peluru airsoft gin terbuat dari plastik, sehingga tidak mematikan.

“Kalau nembaknya dari deket juga cuma luka dikit,” kata Agung. Menurut Agung, masyarakat sering merancukam airsoft gun dengan air gun; senjata yang banyak digunakan oknum untuk melakukan kejahatan.

Postcomended   "The Salt Fix" Bilang, Garam Bukan Biang Hipertensi

Sementara itu, pistol yang dimiliki Andika dari jenis baretta termasuk senjata betulan. Senjata ini misalnya pernah dipakai untuk menembak Tito Kei, seorang preman merangkap debt collector. Setidaknya itu bisa dilihat dari sistem mekanisme pistol yang terekam pada selongsong peluru. 

Dalam kasus upaya perampokan terhadap seorang boss karet di Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, November 2012, perampok menggunakan pistol jenis baretta namun waktu itu gagal menembak korban.

Rupanya pistol terkunci dan lupa bagaimana membukanya. Akibatnya, si perampok diamuk massa hingga tewas. Baretta adalah pistol buatan Italia yang dibesarkan di Amerika Serikat. ***(ra)

Share the knowledge