Kim Kardashian disebut termasuk yang sering mengiklankan prosedur yang dilarang FDA ini (foto ilustrasi dari: hipwee.com)

Badan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, FDA, mengeluarkan peringatan terbaru, Senin (30/7/2018) terkait gencarnya pemasaran prosedur untuk meningkatkan kesehatan organ intim wanita menggunakan laser atau ultrasound. FDA memutuskan bahwa prosedur ini tidak disetujui karena dapat menyebabkan luka bakar dan kerusakan lain yang menyakitkan. Disebutkan bahwa Kim Kardashian dan Jada Pinkett Smith, termasuk yang turut mengiklankannya.

FDA telah memperingatkan tujuh perusahaan yang mempromosikan perangkat ini untuk prosedur tersebut, dan mengeluarkan peringatan umum untuk pasien dan dokter. Peralatan laser dan ultrasound yang digunakan dalam prosedur ini memang disetujui untuk prosedur menghilangkan kutil kelamin dan sejenisnya, serta dalam operasi seperti histerektomi. Tetapi menurut FDA, prosedur ini belum terbukti dapat mengencangkan otot, meningkatkan kenikmatan seksual, atau mengurangi rasa sakit selama hubungan seksual.

FDA mengatakan menerima keluhan tentang luka bakar dan kerusakan lainnya. Dalam beberapa kasus, prosedur ini justru menyebabkan rasa sakit yang sangat selama hubungan seksual alih-alih meringankan.

Postcomended   Sambil Terisak, Sukmawati Minta Maaf

“Kami baru-baru ini menjadi sadar semakin banyak produsen pemasaran perangkat ‘peremajaan vagina’ untuk wanita dan mengklaim prosedur ini akan mengobati kondisi dan gejala yang berkaitan dengan menopause, inkontinensia urin, atau fungsi seksual,” kata Komisaris FDA Dr. Scott Gottlieb dalam pernyataannya.

“Prosedur menggunakan laser dan perangkat berbasis energi lainnya ini (disebut) untuk menghancurkan atau membentuk ulang jaringan vagina. Produk ini memiliki risiko serius dan tidak memiliki bukti yang cukup untuk mendukung penggunaannya untuk tujuan ini. Kami sangat prihatin bahwa perempuan dirugikan.”

Perawatan ini telah banyak dipromosikan, baik online maupun dalam liputan media. Beberapa perusahaan yang membuat perangkat itu menyewa perusahaan hubungan masyarakat untuk memasang testimoni dokter dan pasien di surat kabar, televisi, dan outlet berita digital. Mereka sering dibingkai sebagai memungkinkan perempuan untuk “mengambil kembali kendali atas kesehatan mereka”.

Postcomended   Tiga Presiden AS Sebelum Trump Tak Berani Pindahkan Ibu Kota Israel ke Yerusalem

Tujuh perusahaan yang telah dikirimi surat peringatan oleh FDA yakni Alma Laser, Estetika BTL, Industri BTL, Cynosure, InMode, Sciton, dan Thermigen. FDA mengatakan perusahaan-perusahaan ini belum melalui proses persetujuan yang benar untuk menunjukkan bahwa perawatan bekerja seperti yang diiklankan, atau bahkan bahwa mereka aman. Selebriti, termasuk aktris Jada Pinkett Smith (istri aktor Will Smith) dan Kim Kardashian, termasuk yang sering mempromosikan prosedur ini.

American College of Obstetricians dan Gynecologists telah memperingatkan prosedur “peremajaan” bedah selama lebih dari satu dekade. “Prosedur ini tidak diindikasikan secara medis. Keamanan dan keefektifan prosedur ini belum didokumentasikan,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan pada 2007. “Pemasaran menipu dari prosedur berbahaya tanpa manfaat terbukti, termasuk untuk wanita yang telah dirawat karena kanker, sangat mengerikan,” tambah Gottlieb.(***/NBCnews)

Postcomended   Pemimpin ISIS Tunjukkan Dirinya Masih Hidup

 

 

Share the knowledge