https://www.efa-aef.eu/media/profile-photo/4575-0.jpg

Sekitar 150 penonton pada Sabtu malam (25/11/2017) memenuhi Kings Place, gedung kesenian bergengsi di London. Penonton yang sebagian besar warga Inggris ini dibuat terkesima oleh sosok Nyai Ontosoroh. Karakter yang diambil dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia, ini, ditampilkan dalam pertunjukan seni kontemporer musikal dan tari bertajuk “Ontosoroh”, yang merupakan rangkaian Festival Europalia; pagelaran seni dan budaya terbesar di Eropa. 

“Pertunjukkan yang sangat memukau,” ujar Sebastian Merrick, panitia penyelenggara Festival Europalia Indonesia di Inggris, kepada Antara. Dia mengatakan, pertunjukkan seni Indonesia di London sangat krusial dalam membuka wawasan masyarakat Inggris Raya terhadap seni budaya Indonesia yang dinilainya sangat tinggi. Apalagi pertunjukan ini kata dia, merupakan kolaborasi dua seniman wanita berkaliber dunia.

Caya Fairrie, seorang diaspora Indonesia mengatakan, awalnya dia ragu karakter Nyai Ontosoroh yang kuat dalam “Bumi Manusia” dapat diadaptasi ke dalam karya modern. Tapi ternyata penampilan mereka membuktikan sebaliknya, ujarnya.

Postcomended   Ada Glenn Fredly dan Musisi Jazz Polandia di Manado

“Ontosoroh” merupakan proyek kolaborasi antara Peni Candra Rini, pesinden yang juga komposer kontemporer wanita Indonesia jebolan ISI Surakarta, bersama penari Ade Suharto (koreografer asal Indonesia yang telah menjadi warga Australia), serta tiga musisi dari Surakarta, Jawa Tengah.

Dilansir Antaranews, dalam pertunjukan ini Peni menggabungkan teknik vokal tradisional dan kontemporer atas lagu-lagu Jawa klasik, yang ditulisnya dalam bahasa Jawa puitis dan sehari-hari. Tembang yang dinyanyikan Peni lalu diekspresikan dalam karakter Nyai Ontosoroh melalui tarian Ade.

Nyai Ontosoroh, adakah karakter sentral dalam novel Bumi Manusia, yang ada dalam seri Tetralogi Buru karya Pramoedya yang ditulisnya selama diasingkan di pulau Buru. Dia adalah sosok perempuan Jawa yang menjadi gundik seorang Belanda, namun memiliki pemikiran maju yang telah mengesankan sosok pria muda bernama Minke.

Postcomended   KARIMUN JAWA

Europalia menurut situs resmi Kementerian Luar Negeri adalah festival seni dan budaya internasional yang diselenggarakan secara dua-tahunan (biennial). Penyelenggaraan Europalia dipusatkan di Belgia dan pada setiap festivalnya dipilih suatu Guest Country dari negara lain.

Tujuan Europalia adalah mendekatkan dan menguatkan hubungan antara Belgia (dan Eropa) dan negara Guest Country melalui diplomasi dan pertukaran budaya. Festival Europalia merupakan kegiatan seni dan budaya yang bersifat multi-disipliner yang mementaskan musik, tarian, teater, film, seni kontemporer, dan bentuk kesenian lainnya.

Sejak digelar pada 1969, Indonesia merupakan negara tamu ke-8 Festival Europalia, di luar negara-negara anggota UE setelah Jepang (1989), Meksiko (1993), Rusia (2005), China (2009), Brasil (2011), India (2013), dan Turki (2015). Festival Europalia Indonesia 2017 akan berlangsung hingga 21 Januari 2018, sejak dibuka 10 Oktober lalu.

Postcomended   LIVE Diskusi Panel 3 dalam Rakornas Pariwisata III-2017

Selain di Belgia, kegiatan Europalia diselenggarakan di beberapa negara Eropa tetangga seperti Belanda, Jerman, Inggris, Prancis, dsb.***

Share the knowledge