Muslim fashion designer Anniesa Hasibuan makes HISTORY with hijab ... Daily Express590 × 350Search by image Muslim fashion designer Anniesa Hasibuan shows hijab collection

Muslim fashion designer Anniesa Hasibuan makes HISTORY with hijab … Daily Express590 × 350Search by image Muslim fashion designer Anniesa Hasibuan shows hijab collection

Mimpi apa Forbes Indonesia. Baru empat bulan lalu metahbiskan Anniesa “First Travel” Hasibuan (30) sebagai Wanita Inspiratif 2017, kini terpaksa media jaringan Amerika Serikat (AS) ini mencabut keputusannya. Atas dasar apa FI memberi penghargaan tersebut kepada dia?

“Setelah menimbang perkembangan terbaru dari kasus First Travel, Forbes Indonesia memutuskan untuk membatalkan dan menarik kembali penghargaan yang diberikan pada Anniesa Hasibuan sebagai Wanita Inspiratif,” sebut Justin Doebele, Chief Editorial Advisor Forbes Indonesia dalam pernyataan resmi tertulis, Jumat (25/8).

Forbes Indonesia rupanya terkesan dengan kiprah lulusan Akuntasi Universitas Indonesia (UI) ini saat mementaskan busana muslim rancangannya di ajang bergengsi New York Fashion Week (NYFW), September 2016.

Padahal dia tidak memiliki latar belakang perancangan busana kecuali kursus singkat desain yang dia dapatkan di London. Jalannya ke industri fesyen, kata situs tersebut, berasal dari hasratnya untuk menggambar.

Postcomended   Balada Bawang Merah dan Bawang Putih

Anniesa, tulis situs Forbes Indonesia, adalah perancang pertama yang mempresentasikan koleksi pakaian Muslim di NYFW. Dia mendapat tepuk tangan meriah setelah presentasinya di depan 1.500 peserta.

Pencapaian itu, demikian Forbes Indonesia, dilanjutkan di bulan Februari (2017) dengan presentasi pakaian Muslim lainnya dan hanya menggunakan model imigran yang memakainya, membuat pernyataan politik menentang retorika anti-imigran administrasi Trump. (http://forbesindonesia.com/berita-1294-anniesa-desvitasari-hasibuan.html)

Forbes Indonesia menempatkan Anniesa sebagai Wanita Inspiratif mewakili bidang desain atau fesyen. Dibidang lainnya ada Catherine Hindra Sutjahyo (startup), Christine Ay Tjoe (seni), Destry Damayanti (keuangan), Faye Simanjuntak (filantropi), Irawati Setiady (bisnis), Nurhayati Subakat (bisnis), Sri Mulyani Indrawati (pemerintah), Sri Wahyuni Agustiani (olahraga), Isabel dan Melati Wijsen (filantropi). (https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170825130757-282-237233/anniesa-hasibuan-dicopot-dari-daftar-inspiring-women-2017/).

Menurut Justin Doebele, edisi yang mengukuhkan Anniesa sebagai salah satu Wanita Inspiratif 2017 adalah edisi April 2017; empat bulan sebelum dia dan suaminya ditangkap atas kasus penipuan calon jemaah umrah oleh First Travel yang mereka gawangi. Majalah edisi tersebut juga memuat wajah Anniesa di sampulnya.

Postcomended   Berakhirnya Bulan Madu Toko-toko "Online"

Justin mengatakan, tidak ada yang salah saat mereka memutuskan Anniesa sebagai salah seorang Wanita Inspiratif. “Kita sudah cek beberapa hal untuk pertimbangan, termasuk bahwa dia salah satu desainer Indonesia yang tampil untuk peragaan busana di New York Fashion Week.”

Tampil di NYFW kata Justin, adalah sebuah pencapaian. Ajang ini merupakan salah satu pekan peragaan busana penting di dunia. (https://m.cnnindonesia.com/nasional/20170824145340-20-237007/anniesa-hasibuan-first-travel-inspiring-women-2017/).

Dalam tulisan yang dimuat situs Forbes Indonesia itu, disebutkan bahwa sepanjang 2015- 2016, Anniesa sibuk mencari pengakuan internasional.

Anniesa mengawalinya dengan bergabung dengan New York Couture Fashion Week pada September 2015 dan Februari 2016. Dia juga berpartisipasi di ajang Istanbul Modest Fashion week dan Cannes Fashion dan Global Short Film Awards Gala pada Mei 2016.

Postcomended   "The Salt Fix" Bilang, Garam Bukan Biang Hipertensi

Di ajang yang terakhir itu, dia bahkan meraih Best Fashion Designer Award untuk koleksi “Pearl Asia” -nya. Komite NYFW yang terkesan melihat usaha Anniesa lalu menerimanya untuk terdaftar dalam NYFW. Ketika itu panitia sangat senang karena ini adalah pertama kalinya pakaian muslim dipamerkan di NYFW. (http://forbesindonesia.com/berita-1294-anniesa-desvitasari-hasibuan.html).***(ra)