Foto pemenang kompetisi foto binatang. Gambar utuh ada di bawah (https://ichef-1.bbci.co.uk/news/976/cpsprodpb/1102/production/_98645340_sanctuary.jpg)

Satu foto yang memperlihatkan dua ekor gajah yang melarikan diri dari gerombolan yang membakar mereka, berhasil memenangkan kompetisi fotografi satwa liar. Foto milik Biplab Hazra tersebut menunjukkan seekor anak gajah terbakar sementara seekor gajah dewasa di depannya lari dengan api berkobar di kakinya.

Saat mengumumkan penghargaan tersebut, majalah Sanctuary mengatakan “penghinaan semacam ini… bersifat rutin”, demikian dilansir situs BBC.

Foto diambil di Bengal Barat, India Timur, tempat konflik antara manusia dengan gajah marak terjadi. Nasib kedua gajah dalam gambar pemenang penghargaan yang diambil di distrik Bankura ini, tidak diketahui. Distrik Bankura sering melaporkan kematian manusia yang disebabkan oleh konflik dengan gajah.

Postcomended   Bangun Pangkalan, Cina Semakin Menancapkan Kuku di Afrika

Catatan pihak majalah Sanctuary yang menyertai foto tersebut menjelaskan, “kerumunan orang yang mencemooh, melemparkan bola aspal yang menyala ke dua gajah saat Biplab Hazra mengambil foto itu.”

Bipla mengingat saat anak gajah berteriak dalam “kebingungan” saat ia melarikan diri. “Bagi hewan-hewan sosial yang cerdas dan lembut yang telah menjelajahi benua ini selama berabad-abad, neraka sekarang dan di sini,” tambahnya.

Postcomended   Bajaj Bensin Roda Empat Siap Depak Bemo

Foto ini telah menarik banyak perhatian di media sosial. Dalam kolom komentar, Mainak Mazumder, warga Bankura, menulis bahwa penduduk desa bertanggung jawab atas perusakan habitat gajah yang berat. Gajah kata dia, telah mengalami penindasan dan penyiksaan yang mengerikan.

Tapi, dia juga mengakui, gajah telah mendatangkan malapetaka dengan menghancurkan tanaman pangan, merusak lahan pertanian, dan telah membunuh orang-orang yang tidak bersalah.(***/BBC)

https://ichef-1.bbci.co.uk/news/976/cpsprodpb/1102/production/_98645340_sanctuary.jpg