Freeport Akhirnya Tunduk Pada Tekanan Indonesia | dunia | DW ... dw700 × 394Search by image Indonesien Freeport McMoRan's Grasberg Goldmine in Papua (Getty Images/AFP/O. Rondonuwu

Freeport Akhirnya Tunduk Pada Tekanan Indonesia | dunia | DW … dw700 × 394Search by image Indonesien Freeport McMoRan’s Grasberg Goldmine in Papua (Getty Images/AFP/O. Rondonuwu

Tanda pagar (tagar) #FreeportTaat dan #IndonesiaBerdaulat, mewarnai kicauan akun @KementerianESDM, pada 29 Agustus 2017. AkunTwitter resmi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral ini mengabarkan penjelasan pemerintah ihwal takluknya PT Freeport Indonesia (FI) pada aturan yang disyaratkan Indonesia. Aturan tersebut antara lain pelepasan saham perusahaan ini kepada pemerintah Indonesia (divestasi) sebesar 51 persen.

Konsekuensi dari divestasi ini, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini harus membangun smelter, dan melepas status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Smelter adalah fasilitas pengolahan hasil tambang yang berfungsi meningkatkan kandungan bahan tambang (misalnya bijih emas) menjadi lebih tinggi mutunya daripada sekadar konsentrat.

Dengan disepakatinya syarat-syarat tersebut, maka secara resmi izin usaha anak perusahaan PT Freeport McMoran ini akan diperpanjang hingga 2041. Ihwal keinginan PT FI memperpanjang izin usaha tambang emas di Papua ini mengingatkan pada kasus “Papa Minta Saham”.

Postcomended   Ribuan Orang Indonesia Daftar Menjadi Warga Antariksa #Asgardia

Waktu itu, Setya Novanto yang sedang menduduki kursi Ketua DPR, bersama pengusaha Riza Chalid berusaha melobi PT FI yang diwakili Maroef Syamsudin (lihat: https://m.detik.com/news/berita/3087589/gigihnya-maroef-ungkap-peran-novanto-di-skandal-papa-minta-saham)

Dilansir Bisnis.com, perundingan panjang antara pemerintah Indonesia dan PT FI yang berujung pada kesepakatan perpanjangan izin usahanya di Papua tersebut, disiarkan akun Twitter @KementerianESDM.

Kicauan akun ini memuat pernyataan Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan CEO Freeport McMoRan, Richard C.Adkerson.

Dalam kicauan akun itu disebutkan bahwa Sri Mulyani ditunjuk Presiden Jokowi untuk ikut melakukan perundingan bersama Ignatius Jonan. Dalam kicauan itu, Jonan menyatakan, Freeport berkomitmen membangun smelter lima tahun sampai Januari 2022, atau lima tahun sejak IUPK diterbitkan.

Postcomended   Raih 83,3% SMS, Nama "Gelora Bandung Lautan Api" Diresmikan (2)

Freeport juga sepakat menjaga penerimaan negara menjadi lebih baik dibanding pada rezim kontrak karya (KK). Sri Mulyani lalu mengatakan bahwa perundingan dengan Freeport tidak mudah. Semua, kata Sri, berargumen sesuai historia (sejarah).

Pemerintah, tulis akun itu, akan mem-push lebih keras agar proses yang telah disepakati itu bisa disepakati lebih cepat. Disebutkan bahwa Presiden (Jokowi) sangat tegas bahwa ketiga poin yang disyaratkan kepada Freeport (divestasi, smelter, dan penerimaan negara) bersifat tidak bisa dinegosiasikan.

Hasil perundingan ini, kata Jonan, tetap menjaga iklim investasi. Sementara itu CEO Freeport (Richard Adkerson) mengatakan, pihaknya akan bekerja sama membangun smelter dan divestasi 51 persen.

Sebelumnya, perusahaan yang telah beroperasi di Papua sejak akhir 1960-an ini masih berupaya mempertahankan cara lama, yakni lewat kontrak karya, dimana Indonesia hanya kebagian saham 9,36 persen.

Postcomended   Jimny Terbaru Segera Mengaspal di Indonesia

Akibat tidak bisa memenuhi persyaratan baru, PT FI sempat menghentikan kegiatan produksinya yang berimbas kepada dirumahkannya puluhan ribu pekerja; senjata yang sering digunakan Freeport untuk menekan Indonesia.***