Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

Frida, Pahlawan Gempa Bumi Meksiko Resmi Pensiun

Share the knowledge

Frida dipensiunkan dengan simbol mainan kunyahan (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=ybbogXuLpHE)

Frida dipensiunkan dengan simbol mainan kunyahan (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=ybbogXuLpHE)

Frida, si anjing penyelamat, seekor labrador retriever yang mendapatkan ketenaran di seluruh dunia karena kepahlawanannya setelah gempa bumi yang menghancurkan Meksiko pada 19 September 2017, secara resmi pensiun dari tugasnya, Senin (24/6/2019).

Frida, yang dengan bersemangat mengendus-endus reruntuhan dengan dilengkapi kacamata pelindung dan sepatu boot-nya beberapa jam setelah tragedi, dipensiunkan di usia 10 tahun dalam sebuah upacara di unit anjing marinir Meksiko. “Labrador kami, Frida, sedang memulai era baru,” kata Wakil Menteri Angkatan Laut Meksiko, Eduardo Redondo.

“Frida telah mencuri hati seluruh Meksiko dan ribuan lainnya di luar negeri. Kulitnya selalu memberi harapan, dan pada saat-saat kesedihan dan ketidakpastian dia membawa kelegaan,” tambah Redondo.

Postcomended   Skandal e-KTP: Setya Novanto Merasa Dijebak Johanes Marliem

Pihak angkatan laut mengatakan, dalam “karirnya” selama satu dekade sebagai anjing pencari dan penyelamat, Frida telah menyelamatkan nyawa 12 orang.

Tak hanya di Meksiko, Frida juga terlihat berdinas saat upaya tanggap darurat yang dia ikuti termasuk gempa Bumi di Haiti (2010) dan Ekuador (2016),  dan insiden ledakan di markas besar perusahaan minyak negara Meksiko, Pemex, pada 2013.

Pekerjaannya setelah gempa berkekuatan 7,1 yang mengguncang Mexico City adalah mencari korban yang selamat di puing-puing sekolah dasar Rebsamen, tempat 19 anak-anak dan tujuh orang dewasa terbunuh.

Postcomended   Penyelidikan Kriminal atas Bedak Johnson&Johnson Terkait Kanker, Berlanjut

Pelatih Frida melepas topeng dan sepatu bootnya yang terkenal itu pada upacara pensiunnya, sementara dia menerima mainan kunyahan sebagai simbol kehidupan barunya di masa pensiun. “Frida, misinya selesai, dengan kehormatan,” kata Redondo.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top