Nasional

Galang Hendra Disebut “Stunning” dan Fenomenal Saat Memenangi Balap Motor Dunia di Brno

Galang di antara timnya (sumber foto: Chelsea Motorcycles)

Prestasi Galang Hendra Pratama yang Juni lalu mengharumkan nama Indonesia dalam lomba balap motor dunia, agaknya tidak sefenomenal prestasi Lalu Muhammad Zohri yang melesat mengalahkan sprinter unggulan AS pekan ini. Olahraga lebih mentereng yang ditekuni Galang yang tampak lebih sarat dukungan fasilitas, mungkinkah dianggap tidak lebih mengharukan? Siapakah Galang?

Pada 10 Juni 2018, pebalap muda Indonesia dari Biblion Yamaha MotoXRacing ini, berhasil merebut juara pertama balap motor World Supersport 300 atau WSSP300 di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Namun nama Galang tidak lantas menjadi seterkenal pebalap F1, Rio Haryanto, yang belakangan ini namanya seperti tenggelam.

Padahal kemenangan Galang di sirkuit Brno itu, disebut “stunning” dan fenomenal oleh situs yamaha-racing.com dan worldsbk.com. Bagaimana tidak, Galang berhasil mendominasi waktu tercepat sejak latihan bebas 1 dan 2. 

Dalam lomba itu, posisi kedua ditempati Walid Khan (Nutec-Benjan-Kawasaki) dan Borja Sanchez (ETG Racing) di posisi ketiga. Balapan ini berlangsung cepat, hanya enam putaran setelah bendera merah dikibarkan akibat tabrakan.

Postcomended   Paus Wakatobi yang Mati dengan Sandal Jepit di Perut, Picu Kemarahan Warganet Mancanegara

Balapan itu juga mencatatkan Galang sebagai Rider Non-Eropa pertama peraih Pole WSSP300

Dilaporkan laman Tempo, Galang juga tampil cepat pada babak superpole 2 (kualifikasi) dengan menempati posisi teratas. Dalam balapan sesungguhnya, Galang tak terbendung dan mengamankan podium pertamanya pada musim ini.

Pembalap asal Yogyarakta kelahiran 10 Maret 1999 ini saat usianya masih 14 tahun pernah memimpin klasemen Motoprix region Jawa di kelas MP3 atau kelas bebek 125cc tune up pemula, dan menduduki klasemen ketiga di MP4, atau bebek 110 cc Tune up Pemula.

Postcomended   Tom Cruise Pamer Tempat Syuting "Mission: Impossible 6"

Ia bersaing sengit dengan sesama pembalap belia dari D.I.Y juga yaitu Rheza Danica yang membalap untuk tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya.

Dikutip dari laman balapmotor.net, Galang memiliki gaya balap atau skil tersendiri: dia mampu membuat motornya sampai pada posisi rebah sekali, malah sering sekali dia mempertontonkan gaya slide saat keluar tikungan.

Dengan memiliki diferensiasi, Galang layak mendapatkan prestasi mengesankan di ajang balap dunia.(***/tempo/balapmotor)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top