Sebelum membaca, perhatikan dulu gambar di atas ini. Apa yang Anda lihat? Sesosok wanita muda atau seorang perempuan tua? Ini penting untuk mengetahui kecenderungan Anda terkait usia Anda sesuai dengan gambar pertama yang Anda tangkap. Ilusi optik atas gambar klasik paling terkenal di dunia ini kembali diteliti, setidaknya oleh ilmuwan Universitas Flinders.

Satu penelitian di Australia yang dilakukan dua profesor psikologi menyimpulkan bahwa figur pertama yang Anda lihat pada gambar bernama “My Wife and My Mother-in-Law” ini, berkaitan dengan usia Anda. Gambar ilusi optik itu juga dikenal dengan nama “Figur Boring”; mengacu pada nama orang yang memperkenalkan gambar ini kepada para psikolog.

Menurut penelitian ini, seperti dilansir Bussines Insider, orang yang lebih muda akan melihat gambar wanita muda lebih dulu, sementara orang yang lebih tua akan melihat gambar wanita tua lebih dulu. Orang yang berusia antara 18 dan 30 cenderung melihat wanita muda, sedangkan orang-orang di atas 30 tahun akan melihat gambar wanita tua lebih dulu.

Para profesor tersebut mensurvei 393 peserta (242 laki-laki, 141 perempuan) berusia 18 hingga 68 tahun, meskipun usia rata-rata adalah 32 tahun. Mereka ditunjukkan gambar itu selama setengah detik, dan kemudian ditanya jenis kelamin dan usia orang yang mereka lihat pada gambar itu.

Postcomended   Wilayah Terkering di Bumi ini Mendadak Jadi Karpet Bunga

Hasilnya, sebagian besar peserta pertama kali melihat wanita yang lebih muda, ini bisa disebabkan oleh fakta bahwa banyak dari peserta berusia lebih muda. Hasil sama terjadi ketika para peneliti menunjukkan gambar dengan memisahkan 10% yang paling tua dan 10% yang termuda dari seluruh peserta yang disurvei.

Inti dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah bias usia-sendiri mempengaruhi interpretasi awal terhadap suatu gambar pada tingkat bawah sadar. Sayangnya peneliti tidak menjelaskan apa kecenderungannya jika seorang tua cenderung melihat gambar wanita muda, dan sebaliknya.

Postcomended   Bersih-bersih Rumah 30 Menit per Hari, Harapan Hidup Bertambah

Dikutip dari Wikipedia, gambar “My Wife and My Mother-in-Law” adalah karya kartunis Inggris, William Ely Hill (1887–1962) yang pertama kali diterbitkan di Puck, sebuah majalah humor Amerika, pada 6 November 1915. Publikasi pertama atas gambar “ambigu” ini waktu itu diberi judul: “Mereka berdua dalam gambar ini – Temukan mereka”.

Pada 1930, Edwin Boring, seorang psikolog eksperimental Amerika dan Profesor Psikologi di Universitas Clark dan di Universitas Harvard (yang kemudian menjadi salah satu sejarawan pertama psikologi), memperkenalkan figur itu kepada para psikolog dalam sebuah makalah berjudul “A new ambiguous figure”. Sejak muncul dalam buku-buku teks dan studi eksperimental, “Figur Boring” ini menjadi terkenal hingga sekarang.***

Postcomended   Ribuan Praktik Skandal Asusila Sejak 1946 di Gereja Katolik Jerman Bakal Dibongkar

 

Share the knowledge