Media alternatif mulai merambah ruang gerak sosial masyarakat kekinian – https://www.unwelcomeguests.net/Category:Alternative_Media

Kehadiran media alternatif di Indonesia sedang gencar-gencarnya. Masyarakat menggandrungi media alternatif karena jenuh terhadap bentuk berita, konten, maupun pendekatan yang digunakan media arus utama.

Media alternatif adalah bentuk media yang berbeda dari bentuk media yang dominan dari segi konten, cara produksi, maupun cara distribusinya. Memang, efinisi pasti dari media alternatif cenderung terus diperdebatkan, dan bergantung pada definisi dari media arus utama yang dominan. Namun pada akhirnya, media arus utama kerap didefinisikan sebagai media yang menjangkau banyak khalayak dan mencerminkan pemikiran, aktivitas, atau isu yang dominan.

Media arus utama seringkali digambarkan mewakili kepentingan pemerintah dan korporasi. Sebaliknya, media alternatif kerap didefinisikan sebagai media non-komersial yang merepresentasikan berbagai kepentingan golongan yang berada di luar arus utama. Misalnya Media-media ini berusaha menyuarakan berbagai suara dan sudut pandang yang kerap terlupa oleh publik.

Perkembangan media alternatif dimudahkan oleh perkembangan internet dan media sosial. Internet menyediakan ruang yang luas dan bebas bagi media alternatif untuk menjangkau massa luas dan geografi luas. Ajakan untuk menikmati media alternatif mulai hadir di forum-forum seperti kaskus.com dan sejenisnya.

Keberadaan media alternatif turut meyakinkan masyarakat untuk ikut andil dalam kampanye ide-ide tentang gerakan sosial budaya sehari-hari. Media alternatif biasanya membuka peluang yang lebih besar bagi masyarakat untuk beropini. Dengan kata lain, media tersebut merupakan ruang yang sehat bagi demokrasi—terutama di tengah gencarnya penyebaran hoax dan ujaran kebencian di Indonesia.***

Share the knowledge