Internasional

Gara-gara Foto Diapit Dua Wanita Kulit Hitam, Boss Fesyen “Vogue” Undur Diri

Share the knowledge

 

Foto ini telah memancing kecaman yang membuat Donata Meirelles, bos fesyen Vogue Brasil, mengundurka diri (gambar dari: https://www.news.com.au/finance/business/media/why-this-photo-of-50th-birthday-party-sparked-race-row/news-story/aebf2fb460d5237ac0e0f6001ebe6ff6)

Foto ini telah memancing kecaman yang membuat Donata Meirelles (duduk)  mengundurka diri sebagai sirektur fesyen Vogue Brasil (gambar dari: https://www.news.com.au/finance/business/media/why-this-photo-of-50th-birthday-party-sparked-race-row/news-story/aebf2fb460d5237ac0e0f6001ebe6ff6)

Direktur fesyen majalah Vogue Brazil telah mengundurkan diri setelah foto-foto pesta ulang tahunnya yang ke-50 dikritik karena “membangkitkan perbudakan”. Foto yang diposting di Instagram itu memperlihatkan dia duduk di atas takhta dengan dua wanita kulit hitam mengapitnya.

Kedua wanita kulit hitam yang mengapit sang boss fesyen, Donata Meirelles, ini, mengenakan pakaian tradisional. Kritik di media sosial menuduhnya tidak peka terhadap ras. Gambar tersebut pertama kali muncul dalam posting Instagram yang sekarang dihapus oleh jurnalis Brasil Fabio Bernardo.

Meirelles telah meminta maaf dan membantah gambar itu terkait dengan perbudakan. Disebutkan bahwa pakaian kedua wanita kulit hitam itu mirip dengan yang dikenakan oleh para budak, sementara takhta menyerupai cadeira de sinh; kursi untuk tuan para budak.

Foto-foto lain yang berasal dari pesta HUT itu, di Salvador de Bahia di timur laut Brasil, menunjukkan perempuan kulit hitam berpakaian tradisional menyambut dan mengantar tamu. Presenter TV Rita Batista memposting foto pesta dengan foto lain, diambil pada 1860, tentang seorang wanita kulit putih yang duduk dengan diapit dua budak.

“Pikirkan tentang seberapa besar Anda dapat menyakiti orang lain, ingatan mereka, keadaan buruk orang-orang mereka, ketika Anda memilih tema untuk ‘meningkatkan’ momen bahagia dalam hidup Anda,” kata penyanyi Brasil Elza Soares dalam sebuah posting Instagram.

Postcomended   Indonesia Nomor Wahid Gunakan Fitur "Stories" di Instagram

Meirelles sendiri telah meminta maaf dalam pernyataan yang sekarang dihapus di Instagram. Dia menambahkan bahwa pakaian wanita kulit hitam itu adalah pakaian pesta tradisional Bahian, dan kursinya adalah peninggalan dari agama rakyat Afro-Brasil.

Pada hari Rabu (13/2/2019), dia mengumumkan pengunduran dirinya di postingan terpisah. “Pada usia 50 ini, saatnya beraksi. Saya sudah banyak mendengar, saya perlu mendengar lebih banyak,” katanya.

Vogue juga mengeluarkan permintaan maaf atas insiden tersebut, dengan mengatakan, “Sangat menyesali apa yang terjadi dan berharap bahwa perdebatan yang dihasilkan akan berfungsi sebagai pengalaman belajar.” Majalah mode ini juga mengatakan akan membentuk panel para ahli dan akademisi untuk mengatasi kekhawatiran tentang ketidaksetaraan pada publikasi ini.

Postcomended   Rumah Mode Italia Tarik Produk Sweater Mahal yang Memantik Isu Rasial

Ini adalah insiden ketiga yang dituntut secara rasial oleh Vogue untuk tahun ini. Majalah itu dikritik pada Januari 2019 karena salah mengidentifikasi jurnalis Noor Tagouri sebagai aktor Pakistan, Bukhari. Pada Februari ini saja, majalah ini lagi-lagi salah mengidentifikasi dua aktris dari film “Crazy Rich Asians”.***

View this post on Instagram

“(…)Já as escravas de casas ricas eram adornadas por seus próprios senhores. Quando saíam para as ruas acompanhando suas senhoras ou crianças, eram exibidas em trajes finos e carregadas de joias.A própria escrava era um objeto de ostentação do dono, um objeto de luxo a ser mostrado publicamente”. Trecho do livro Jóias de Crioula de Laura Cunha e Thomas Milz. A primeira foto foi tirada em 1860. De acordo com @edercansino a foto que faz parte do acervo do @imoreirasalles, intitulada “senhora da família Costa Carvalho na liteira com dois escravos” foi feita na Bahia por fotógrafo desconhecido. A segunda imagem é de 2019 mesmo. #sóeuacheiestranho #Bahiaterradafelicidade #ritadeixederecalque #passeodedinhoprolado #osprincípiosacimadaspersonalidades #qualquersemelhança #nãoémeracoincidência

A post shared by ritabatista (@ritabatista) on

 

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top