Kawasan pantai selatan Meksiko, Kamis (7/9/2017), diguncang gempa berkekuatan mematikan, 8,2 SR dengan kedalaman hanya 87 km. Episentrum gempa berada di Samudra Pasifik, di lepas pantai Pijijiapan. Gempa ini diyakini terkuat di negara ini dalam seabad terakhir. Operasi penyelamatan skala besar dilakukan di Tabasco, Oaxaca, dan Chiapas. Oaxaca adalah nama wilayah yang sering mengalami gempa. Secara geografis, lepas pantai Oaxaca memang dilintasi Sesar bernama sama.

Data Pusat Penanganan Bencana Nasional menyebutkan, korban meninggal dunia telah mencapai 58 orang. Dikhawatirkan korban di tiga wilayah itu masih akan terus bertambah karena kemungkinan banyak penduduk terjebak di antara reruntuhan bangunan.

Postcomended   Rotasi Bumi Melambat, Wilayah Khatulistiwa Terancam Gempa Besar pada 2018

Pada Maret 2012, kawasan pantai selatan negara Amerika Latin ini juga pernah diguncang gempa berkekuatan 7,4 SR. Kota perbatasan selatan Oaxaca kala itu disebut secara signifikan lebih dekat ke pusat gempa.

Oaxaca adalah negara bagian di Meksiko yang rawan gempa. Pasalnya di lepas pantai kawasan ini membentang Patahan alias Sesar Oaxaca (Inggris: Oaxaca Fault). Sesar Oaxaca, sebut Wikipedia, adalah sesar seismik yang membentang di dekat kota Oaxaca, negara bagian Oaxaca, Meksiko.

Postcomended   Temukan 12 Selamat 40 Tewas, Frida Dielu-elukan di Medsos

Jalurnya membentang ke utara di sisi timur kota Etla Valley. Peluang gempa akibat Sesar Oaxaca “diperparah” dengan adanya Sesar Donaji yang tegak lurus terhadap Sesar Oaxaca di ujung selatannya.

Dari situs Researchgate, Sesar Oaxaca adalah Sesar berusia Senozoik utama. Senozoik adalah era yang berlangsung selama 65,5 juta tahun lalu dan masih berlangsung sampai sekarang.***

 

Share the knowledge