Internasional

Geng Internasional Pembobol Rekening Bank dengan Menggunakan Malware, Terbongkar

Share the knowledge

 

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=dRKMlG0KTkY)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=dRKMlG0KTkY)

Geng kejahatan internasional yang menggunakan malware untuk mencuri 100 juta dollar AS  dari lebih dari 40.000 korban telah dibongkar. Geng tersebut dikumpulkan bersama dari sejumlah penjahat yang mengiklankan keterampilan mereka di forum online.

Anggota geng tersebut menginfeksi komputer dengan menggunakan malware GozNym, yang menangkap detail perbankan online untuk mengakses rekening bank. Keberadaan mereka terbongkar setelah polisi menggelar operasi polisi yang rumit di Amerika Serikat (AS), Bulgaria, Jerman, Georgia, Moldova, dan Ukraina.

Dilansir laman BBC, rincian operasi terungkap di markas kantor polisi Eropa, Europol, di Den Haag, Belanda. Dikatakan bahwa penyelidikan itu belum pernah terjadi sebelumnya, terutama dalam hal kerja sama lintas batas.

Sepuluh anggota jaringan telah didakwa di Pittsburgh, AS, atas berbagai pelanggaran, termasuk mencuri uang dan mencuci dana itu menggunakan rekening bank AS dan asing.

Lima warga negara Rusia masih dalam pelarian, termasuk satu yang mengembangkan malware GozNym dan mengawasi pengembangan dan manajemennya, termasuk menyewanya untuk penjahat siber lainnya.

Berbagai anggota geng lain sekarang menghadapi penuntutan di negara lain, termasuk pemimpin jaringan, bersama dengan asisten teknisnya, yang menghadapi dakwaan di Georgia. Anggota lain, yang perannya mengambil alih rekening bank yang berbeda, telah diekstradisi ke AS dari Bulgaria untuk menghadapi persidangan.

Postcomended   Satelit "Merah Putih" Telkom Diluncurkan oleh Roket Daur Ulang

Seorang anggota geng yang mengenkripsi malware GozNym untuk memastikannya tidak terdeteksi di jaringan, menghadapi tuntutan di Moldova. Dua lagi menghadapi dakwaan di Jerman karena pencucian uang. Di antara para korban adalah usaha kecil, firma hukum, perusahaan internasional, dan organisasi nirlaba.

Prof Alan Woodward, seorang ilmuwan komputer dari Universitas Surrey, mengatakan, salah satu hal yang ditekankan oleh operasi ini adalah seberapa umum penjualan keterampilan siber yang jahat. “Pengembang malware ini mengiklankan ‘produk’ mereka sehingga penjahat lain dapat menggunakan layanan mereka untuk melakukan penipuan perbankan,” kata Woodward.

Menurut dia, apa yang dikenal sebagai “kejahatan sebagai layanan” telah menjadi fitur yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Ini kata dia, memungkinkan geng-geng kejahatan terorganisasi untuk beralih dari narkoba tradisional ke kejahatan siber yang jauh lebih menguntungkan.”

GozNym adalah campuran dari dua bagian malware lainnya, Nymaim dan Gozi. Nymaim adalah apa yang dikenal sebagai “dropper”, perangkat lunak yang dirancang untuk menyelinapkan malware lain ke perangkat dan menginstalnya. Hingga 2015, Nymaim digunakan terutama untuk mengaktifkan ransomware ke perangkat.

Postcomended   Jelang Peluncurannya, Ponsel Lipat Samsung Harga Selangit Ini Dilaporkan Bermasalah

Sementara itu Gozi sudah ada sejak 2007. Selama bertahun-tahun telah muncul kembali dengan teknik baru, semua bertujuan untuk mencuri informasi keuangan. Itu digunakan dalam serangan bersama terhadap bank-bank AS.

Warga yang tidak curiga mengira mereka mengklik tautan sederhana, padahal mereka telah memberi peretas akses ke detail paling intim mereka.

Pengacara AS untuk Distrik Barat Pennsylvania, Scott Brady berdiri di samping jaksa penuntut dan pejuang kejahatan siber dari lima negara lain di dalam markas keamanan tinggi Europol, untuk mengumumkan penghapusan apa yang ia sebut sebagai “konspirasi global”.

Pemimpin yang dicurigai menggunakan GozNym malware dan mengontrak berbagai layanan kejahatan siber, sulit untuk mendeteksi platform hosting anti peluru, money bagel dan spammer –untuk mengendalikan lebih dari 41.000 komputer dan memungkinkan pencuri siber mencuri dan menghapus sekitar 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) dari rekening bank korban.

Postcomended   15 Januari dalam Sejarah: Lift Berpengaman Dipatenkan dengan nama "Lift-Craft"

Anggota geng di empat negara tersebut telah didakwa; kudeta bagi pejuang kejahatan siber yang mengatakan penemuan penipuan canggih ini menunjukkan sifat tanpa batas kejahatan siber dan perlunya kerja sama lintas batas untuk mendeteksi dan mengganggu jaringan ini.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top