Internasional

Gerakan Khas Michael Jackson Ini Mengherankan para Dokter

Michael Jackson Moonwalk Collection, 13 MINUTES!! [HD] - YouTube YouTube

Michael Jackson Moonwalk Collection, 13 MINUTES!! [HD] – YouTube YouTube

Sembilan tahun setelah kematiannya, dunia masih dipengaruhi teknik menarinya. Mulai gerakan mempermainkan topi, menggerakan area pinggul, selangkangan, hingga merek dagangnya; moonwalk. Namun ada satu gerakan si “King of Pop” ini yang mengherankan para pemirsa. Apakah itu?

Gerakan ini pertama diperkenalkan oleh sang legenda, Michael Jackson, dalam video musik tahun 1988 yang berjudul “Smooth Criminal”. Gerakan tersebut dikenal dengan istilah “anti-gravitasi”.
Dalam satu adegan, Jackson dan beberapa penarinya condong ke depan 45 derajat, dengan punggung lurus, kaki menapak di lantai, dan menahan pose tersebut sampai mereka kembali tegak dengan sedikit usaha.

“Ini tidak mungkin secara fisik benar-benar dilakukan,” kata ahli bedah saraf Dr Nishant Yagnick, seorang penggemar Jackson lama yang berlatih di Institut Pascasarjana Pendidikan Kedokteran dan Penelitian di Chandigarh, India. “Dia mecurangi gravitasi,” kata Yagnick.

“Anda bisa menekuk maksimal 25 atau 30 derajat ke depan sebelum jatuh di wajah Anda,” tambah rekannya, Dr Manjul Tripathi, penggemar Jackson lainnya. “Aku berusaha melakukannya, dan aku jatuh,” katanya menceritakan upayanya meniru gerakan itu.

Terpesona oleh kemampuan Jackson yang seperti “tidak manusiawi”, Yagnick dan Tripathi mulai menyelidiki bagaimana legenda pop ini melakukannya.

Bersama dengan rekan lainnya, Dr. Sandeep Mohindra, mereka memublikasikan pengamatan mereka dari sudut pandang neurosurgeon Selasa (22/5/2018) di Journal of Neurosurgery: “Bagaimana Michael Jackson menantang pemahaman kita tentang biomekanik tulang belakang?”
Ketika tubuh manusia membungkuk ke depan dengan punggung lurus, para dokter menjelaskan, otot-otot erector spinae yang berjalan sejajar dengan tulang belakang kita “bertindak seperti kabel” dan mendukung tubuh ketika pusat gravitasi bergeser.

Postcomended   Boeing 747 Bangkit dari Kematian

Tapi ketika fokus lentur beralih ke pergelangan kaki, otot-otot erector itu bukanlah pendukung utama. Sebaliknya, strain diletakkan pada betis dan tendon Achilles, yang tidak benar-benar dibangun untuk peran itu.

“Hal ini memungkinkan untuk tingkat yang sangat terbatas membungkuk ke depan dari sendi pergelangan kaki, sambil menjaga postur lurus kaku – kecuali Anda Michael Jackson,” mereka menjelaskan dalam penelitian ini.

“Penari paling terlatih dengan kekuatan inti yang kuat akan mencapai maksimum 25 atau 30 derajat lentur ke depan saat melakukan tindakan ini.”

Sepatu Khusus
Namun meskipun Jackson dalam kondisi yang luar biasa, bahkan dia tidak bisa melakukan manuver tanpa bantuan. Jadi dia dan timnya menemukan sepatu khusus yang akan menjangkarkannya ke lantai selama kemiringan.

Postcomended   Raih Green Platinum, The Nusa Dua Kian Fokus Kembangkan Destinasi

Dipatenkan pada 26 Oktober 1993, sepatu “anti-gravitasi” Jackson ini memiliki slot tumit yang dirancang khusus yang dapat dilepas dengan “hitch” (seperti paku) yang diproyeksikan melalui permukaan panggung dengan hanya menggeser kaki pemakai sepatu ke depan, sehingga menarik dengan anggota hitch,” menurut deskripsi Kantor Paten AS.

“Ide yang sangat inventif,” kata Tripathi sambil tertawa, “Karena bahkan dengan sepatu itu, saya tidak dapat melakukan 45 derajat. Anda membutuhkan inti kekuatan yang sangat baik, dan kekuatan itu ada pada Michael Jackson dan tendon Achilles-nya.”

Yagnick setuju, “Orang normal, bahkan dengan sepatu, mungkin tidak bisa melakukannya. Dibutuhkan banyak latihan untuk mengembangkan otot inti, otot perut, dan otot pusat untuk mendapatkan kekuatan untuk melakukannya.”

Tidak hanya kebanyakan orang membutuhkan pelatihan intensif untuk mencapai langkah itu, kata ahli fisiologi Atlanta Dr. Jose Garcia-Corrada, tetapi mereka bisa melukai diri sendiri dengan serius jika mereka jatuh. Garcia mengkhususkan diri dalam rehabilitasi medis tulang belakang di Emory School of Medicine.

“Jika Anda kehilangan keseimbangan inti Anda selama bersandar dan tidak menangkap jatuh dengan tangan Anda, rahang Anda bisa tertekan,” kata Garcia-Corrada. “Itu mungkin ‘hyperextend’ leher dan bisa menyebabkan kerusakan tulang belakang yang serius.”

Postcomended   Kenali Dan Jauhi Sifilis,Tapi Bukan Orangnya

Bukan hanya tulang belakang yang mungkin terpengaruh, tambahnya. “Anda menahan sebagian besar berat badan Anda dengan otot yang biasanya tidak Anda gunakan dengan cara ini,” katanya. “Kamu benar-benar bisa menahan otot punggung dan tungkai dan tendon.”

Tripathi percaya bahwa warisan Jackson telah mendorong seluruh generasi penari untuk melampaui batas mereka.(***/CNN)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top