Grab Kucurkan Investasi Baru ke Indonesia, Bidik e-Kesehatan dan Mobil Listrik

Ekonomi
Share the knowledge

Grab semakin serius garap pasar Indonesia yang potensial dengan populasi kaum muda yang besar yang "melek smartphone". (gambar ari: https://www.straitstimes.com/business/companies-markets/grab-looks-to-mobile-payments)
Grab semakin serius garap pasar Indonesia yang potensial dengan populasi kaum muda yang besar yang “melek smartphone”. (gambar ari: https://www.straitstimes.com/business/companies-markets/grab-looks-to-mobile-payments)


Grab mengumumkan komitmennya terhadap bisnisnya di Indonesia –pasar terpadat di kawasan Asia Tenggara– dengan mengucurkan investasi baru sebesar 2 miliar dolar AS untuk lima tahun. Grab mengaku bakal bidik layanan kesehatan dan transportasi generasi baru; seperti mobil listrik.

Perusahaan transportasi daring berbasis di Asia Tenggara ini, yang bisnisnya berhadap-hadapan langsung dengan perusahaan sejenis asal Indonesia; Gojek, menyatakannpada Senin (29/7/2019), bahwa dana pinjaman dari SoftBank Group Corp Jepang ini akan ditujukan untuk pembuatan jaringan transportasi generasi baru.

Mereka juga berhadap dapat mengubah cara layanan untuk sesuatu yang lebih penting, seperti layanan kesehatan, sebut pihak Grab dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters. Dorongan itu kemungkinan akan mengintensifkan persaingan dengan Go-Jek Indonesia.

Kedua startup teknologi itu bersaing di beberapa pasar Asia Tenggara, tetapi Indonesia secara luas dipandang sebagai yang paling menjanjikan karena populasinya yang muda dan berpengetahuan internet, yaitu 260 juta. Grab dan  Go-Jek  telah berevolusi dari operator aplikasi ojek online menjadi toserba untuk berbagai layanan yang beragam seperti melakukan pembayaran serta pengiriman makanan dan barang.

Postcomended   Gojek Masuk 20 Besar "World Changer" Versi Majalah Fortune

Pada hari Senin, Grab –yang berkantor pusat di Singapura– mengatakan akan berinvestasi dengan SoftBank untuk membuat jaringan transportasi untuk Indonesia berdasarkan mobil listrik dan mengembangkan teknologi geo-mapping.

Grab juga akan mendirikan kantor pusat kedua di Indonesia, dan meluncurkan dalam tiga bulan ke depan layanan e-kesehatan untuk meningkatkan akses ke dokter dan layanan medis.

“SoftBank akan menginvestasikan 2 miliar dollar AS ke negara itu (sekitar Rp 28 triliun/kurs Rp 14 ribu) melalui Grab, untuk mendorong digitalisasi layanan dan infrastruktur penting,” kata Grab. Perusahaan Asia Tenggara ini telah mengumpulkan hampir 3 miliar dollar AS sejauh ini dari SoftBank dan Vision Fund-nya.

Pengumuman Grab tersebut muncul setelah pertemuan di istana presiden di Jakarta antara Presiden Indonesia Joko Widodo, Kepala Eksekutif SoftBank Masayoshi Son, CEO Grab Anthony Tan, dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Kelompok ini membahas ambisi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara selama beberapa tahun ke depan dengan berfokus pada peluang investasi di sektor teknologi dan mengembangkan bakat teknologi yang dikembangkan di dalam negeri, kata Grab.

Postcomended   Bajaj Bensin Roda Empat Siap Depak Bemo

Son mengatakan, SoftBank akan lebih jauh berinvestasi di Tokopedia, pasar online terbesar di Indonesia, dan menjelajahi daerah termasuk membidik energi terbarukan dan kendaraan listrik di ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini.

“Kami akan mempelajari peluang. Kami tertarik pada kendaraan elektronik, baterai dan sistem pengisian,” kata Son kepada wartawan. Kunjungan Son di Jakarta menggarisbawahi semakin pentingnya pasar Indonesia untuk industri teknologi.

Merujuk pada laporan dari Alphabet Inc. Google dan investor Singapura, Temasek Holdings, ekonomi internet Indonesia disebut sebagai yang terbesar dan paling cepat berkembang di kawasan ini yakni pada 27 miliar dollar AS tahun lalu dan perkiraan 100 miliar dollar AS pada 2025.

Dalam pernyataannya, Grab mengatakan telah menginvestasikan lebih dari 1 miliar dollar AS di Indonesia sejak 2017. Perusahaan ini telah melakukan penggalangan dana sejak pada tahun lalu membeli operasi Asia Tenggara dari Uber, startup sejenis asal Amerika.***


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work