Perlu Gebrakan dan Inovasi

Industri fesyen Indonesia sudah mendunia. www.margaapsari.blogspot.com

Industri fesyen Indonesia sudah mendunia. www.margaapsari.blogspot.com

Industri fesyen Indonesia sudah mendunia. www.margaapsari.blogspot.com

Dan untuk mewujudkan itu semua, tentunya political will dari pemerintah sangat diperlukan. Pemerintah lewat lembaga terkait bisa membuat kebijakan untuk menunjang perkembangan industri halal. Misalnya memberi reward khusus terhadap tempat wisata yang mengusung konsep syariah. Atau merancang even berskala internasional agar para pelaku industri syariah yang selama ini tampaknya berjalan sendiri-sendiri  bisa bersatu dan bersinergi.

Apalagi konsep wisata halal yang mengutamakan etika moral, kejujuran, transparansi dan menghormati privasi ternyata tidak hanya menjadi idaman pelancong muslim. Para wisatawan non muslim pun terbukti banyak yang lebih nyaman dengan konsep wisata syariah yang mereka rasa lebih aman. Banyak penumpang maskapai dunia terutama pelancong keluarga yang mulai gerah dengan kebijakan menyajikan wine selama penerbangan. Mereka juga tidak suka tinggal di hotel yang dipenuhi tamu dengan akrab dengan perilaku seks bebas atau LGBT.

Postcomended   Setop Menyebar Foto Jenazah!

Dengan berbagai modal dan aset maupun jumlah penduduk muslim yang begitu besar, bahkan terbesar di muka bumi, adalah sebuah optimisme jika Indonesia akan menjadi kiblat bagi industri halal dunia. Termasuk berhasil menang dalam perebutan ‘pundi-pundi emas’ Halal Tourism di masa yang akan datang.  Langkah itu sudah dimulai, kita harus berlari kencang dan jangan sampai berhenti. Indonesia pasti bisa!

Postcomended   KARIMUN JAWA

 

 

 

 

Penulis Masayu Indriaty Susanto

Share the knowledge