Trimester Kehamilan Dari Minggu Pertama Sampai Menjelang Kelahiran Vemale.com Mom Sedang Hamil Muda di Trimester Pertama, Amankah Ikut Berpuasa?

Trimester Kehamilan Dari Minggu Pertama Sampai Menjelang Kelahiran Vemale.com Mom Sedang Hamil Muda di Trimester Pertama, Amankah Ikut Berpuasa?

Puasa memang salah satu kewajiban yang harus dijalankan bagi orang mukmin beragama Islam, sehingga akan berdosa jika anda meninggalkannya tanpa sebab yang jelas.

Namun, tahukah mom, jika ternyata ada beberapa orang yang boleh meninggalkan puasa karena beberapa sebab, seperti ibu yang menyusui karena takut buah hatinya kekurangan gizi hingga orang yang berpergian jauh dengan jarak tertentu. Bagaimana? Sangat enak bukan? Begitulah Islam memberikan kemudahan bagi mereka dalam hal berpuasa.

Akan tetapi, bagaimana dengan para mom yang sekarang sedang hamil muda di bulan Ramadhan? Bolehkan berpuasa saat hamil muda? Bagaimana dampaknya nanti dengan kesehatan buah hati di trimester pertama ini?

Seperti yang diungkapkan oleh sosok dokter H Taufik Jamaan yang praktik di RSIA Bunda Jakarta, berpuasa saat hamil muda diperbolehkan dengan beberapa kondisi tertentu.

Postcomended   200 Juta Facebooker Ngaku “Single”, Zuckerberg Luncurkan Fitur Kencan

Dalam hal ini, yang perlu mom ketahui bahwa mom sangat diwajibkan untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam keadaan yang prima. Selain itu, mom juga wajib melakukan control ke dokter kandungan untuk memastikan jika kandungan mom dalam keadaan yang sehat dan kuat. Jangan sampai dianggap sepele mom hal yang demikian ini.

Bisa-bisa mom yang ingin berpuasa saat hamil muda tanpa memperhatikan hal di atas akan membahayakan mom dan juga si jabang bayi di perut mom. Sangat disayangkan, bukan?
Ketika mom ternyata tetap memutuskan untuk berpuasa saat hamil muda, maka mom juga perlu memperhatikan kondisi dari mom sendiri juga. dengan kata lain, pastikan mom selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi demi tercukupinya kebutuhan nutrisi si jabang bayi.

Untuk jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama hamil di bulan puasa adalah jenis makanan dengan kandungan vitamin, kalori dan nutrisi yang cukup di saat sahur ataupun berbuka. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan air juga sehingga mom bisa tetap dalam kondisi yang bugar dan prima selama menjalankan ibadah puasa.

Postcomended   Intel Jajal Mobil Swakemudi: 2030, Mobil Swakemudi Bakal Padati Jalanan Amerika

Di lain sisi, mom ternyata juga boleh untuk tidak berpuasa saat hamil muda jika memang kondisi fisik mom sangat tidak memungkinkan. Pastinya mom tahu bukan, jika mereka yang hamil muda akan sering mengalami morning sickness, lemas, pusing atau masalah sejenisnya.

Jika memang mom kondisinya demikian ini, maka jangan sekali-kali memaksakan untuk berpuasa. Ingat buah hati di dalam kandungan dan ingat jika Islam itu sangat mudah dan indah. Dalam hal ini, mom bisa tidak menjalankan puasa demi kesehatan bayi dan mom sendiri.

Bagaimana mom? Masih bingung dengan keputusan berpuasa atau tidak di saat bulan yang penuh suci ini telah tiba. Jika masih belum ada keputusan, cobalah mom berkonsultasi kepada dokter kandungan mom dan biarkan pihak medis yang akan memutuskannya. Dengan cara ini, maka mom bisa menjalankan berpuasa saat hamil muda dengan tenang dan tanpa takut atas kesehatan buah hati di dalam kandungan.

Share the knowledge