Internasional

Harga Minyak Terkerek Naik Menyusul Niat AS Serang Suriah

PKS Ingatkan Pemerintah Terhadap Trend Kenaikan Harga Minyak Dunia ... TheTanjungpuraTimes Foto ...

PKS Ingatkan Pemerintah Terhadap Trend Kenaikan Harga Minyak Dunia … TheTanjungpuraTimes Foto …

Harga minyak telah melambung ke level tertinggi sejak Desember 2014 di tengah kemungkinan Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara terhadap Suriah. Dalih AS, pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad didukung Rusia telah melakukan serangan menggunakan gas sarin. Meskipun Suriah bukan produsen minyak utama, ketegangan di kawasan Timur Tengah biasanya mengganggu pasar minyak secara keseluruhan.


Pasar menunjukkan, Brent Crude naik menjadi 71,33 dolar AS per barel pada Selasa (10/4/2018), menandai level tertinggi sejak 3 Desember 2014. Patokan Amerika West Texas Intermediate (WTI) naik hingga 65,86 dolar AS per barel pada 19:15 GMT; level tertinggi sejak 27 Maret 2018.
Trump dan sekutu Baratnya sedang mendiskusikan kemungkinan aksi militer terhadap Suriah setelah mereka menyalahkan Presiden Assad atas dugaan serangan gas beracun di sebuah kota yang dikuasai pemberontak dekat Damaskus. Pemerintah Suriah telah menempatkan pasukannya pada “siaga tinggi” di tengah ancaman AS yang akan menyerang paksa.
Pemerintah Suriah dan sekutunya, Rusia, membantah serangan kimiawi itu terjadi. Tetapi tim penyelamat dan petugas medis mengatakan puluhan orang, termasuk banyak wanita dan anak-anak, tewas. AS, Prancis, dan Inggris telah meningkatkan tekanan terhadap pemerintah Suriah dengan menjanjikan reaksi keras terhadap dugaan serangan gas, dengan Prancis memperingatkan akan membalas jika bukti-bukti muncul bahwa “garis merah” senjata kimia telah dilewati.
Berbicara kepada radio Eropa 1, Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa intelijen telah berbagi kepada Trump mengenai teorinya yang mengonfirmasi penggunaan senjata kimia.(***/aljazeera)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top