Harimau Sumatra Bonita Akhirnya Ditembak Petugas

Nasional Opini
Share the knowledge

73 Hari Pencarian Bonita, Harimau Sumatera yang Tetap Kuat Meski ... Tribun Pekanbaru - Tribunnews.com Tim terpadu tampak masih melakukan penyisiran di lokasi tertembak biusnya Bonita di Areal Kebun Tembesu PT
73 Hari Pencarian Bonita, Harimau Sumatera yang Tetap Kuat Meski … Tribun Pekanbaru – Tribunnews.com Tim terpadu tampak masih melakukan penyisiran di lokasi tertembak biusnya Bonita di Areal Kebun Tembesu PT

Dengan dua tembakan, harimau Sumatra bernama Bonita yang diketahui telah membunuh dua warga Indragiri Hilir (Inhil), Riau, akhirnya berhasil ditangkap tim gabungan. Penangkapan hewan buas yang telah menghantui penduduk Inhil selama empat bulan terakhir ini, dilaporkan pada Jumat (20/4/2018). Hal ini melegakan baik aktivis lingkungan maupun warga Desa Tanjung Simpang, Inhil, tempat Bonita belakangan sering menampakkan diri. Panthera tigris sumatrae diketahui terancam punah sehingga masuk dalam daftar hewan yang dilindungi.

Upaya penangkapan Bonita melibatkan kepolisian, TNI, dan petugas kehutanan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, yang masuk dalam tim gabungan penyelamatan Bonita. Tim ini telah dibentuk sejak Desember 2017.

Kepala BKSDA Riau, Suharyono, dalam jumpa pers di kantor BBKSDA Riau, Sabtu (21/04), mengatakan, harimau yang diduga berusia empat tahun ini ditembak dua kali menggunakan obat penenang. Dia menceritakan, dokter hewan yang bertugas di lapangan, Andita Septiandini, menembaknya setelah mencapai jarak ideal.

Tembakan bius berhasil mengenai sasaran, namun Bonita masih bisa berjalan hingga sekitar satu kilometer sebelum kemudian ditemukan dalam keadaan sudah lemas. Bonita kemudian dievakuasi ke Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, untuk dilakukan observasi dan rehabilitasi.

Postcomended   Acho Dimejahijaukan: Tahan Membeli Apartemen Sebelum Aturan Jelas

Kapolres Inhil AKBP Christian Roni Putra menambahkan, seperti dilansir BBC Indonesia, saat melakukan pemantauan pada Jumat, pukul 06.15, di tengah hujan lebat, tim gabungan kata Kapolres, melihat Bonita keluyuran di wilayah perkebunan sawit di blok Eboni milik PT Tabung Haji Indo Plantation di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Inhil. Sebelumnya, mereka telah menemukan jejak Bonita di wilayah tersebut.

Perilaku Bonita, kata Suharyono saat jumpa pers, berbeda dari harimau lainnya. Dia lebih memilih jalan keras daripada melalui semak-semak. Selain itu, Bonita juga menunjukkan sikap tenang ketika mendapati dirinya berada dalam kandang, sementara harimau lain biasanya akan berusaha membebaskan diri.

Suharyono sebelumnya pernah mengatakan, tingkah laku Bonita belakangan ini diduga berubah dengan sering menampakkan diri kepada warga. Ini di luar kebiasaan harimau pada umumnya yang takut berjumpa manusia.

Postcomended   Manoj Punjabi VS Melly Goeslaw

Sebelum tertangkap Jumat lalu, kucing besar ini disebutkan terakhir kali ditemukan warga pada Minggu (25/3/2018), di pinggir sungai Gaung, dekat SM Kerumutan. Warga sempat dilarang masuk ke hutan khususnya SM Kerumutan. Setelah insiden tewasnya dua warga Tanjung Simpang, aktivis berkampanye memohon penduduk dan pihak berwenang Riau untuk menangkap kucing besar itu hidup-hidup.

Aktivis cemas harimau yang jumlahnya makin menyusut ini akan mengalami nasib seperti yang terjadi di Batang Natal, Sumatera Utara. Dengan alasan bahwa harimau tersebut jelmaan siluman, warga dengan brutal membunuh seekor harimau Sumatra menggunakan tombak, lalu badannya digantung di langit-langit rumah salah seorang warga di sana. Padahal mereka tahu bahwa harimau Sumatra dilindungi.

Habitat harimau Sumatra semakin terdesak akibat pembukaan lahan hutan untuk perkebunan kelapa sawit. Hewan ini pun lalu masuk dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN) sebagai hewan yang terancam punah.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memperkirakan, populasi harimau Sumatera saat ini tidak lebih dari 600 ekor. Kondisi ini seiring menyusutnya kantong-kantong habitat hewan ini. Zoological Society of London (ZSL) Indonesia mengungkapkan, dari 29 kantong pada 2010, menyusut menjadi 23 pada 2016.


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work