Hati-hati, Situs Syur ataupun Religi Bisa Jadi Berisi Malware

Hati-hati, Situs Syur ataupun Religi Bisa Jadi Berisi Malware

Internasional Keluarga Lifestyle Opini
Share the knowledge

Situsnya sendiri dinilai tidak menjadi rumah bagi si malware, melainkan iklan yang terpasang di situs tersebut yang bervirus.

Virus computer memang bisa datang dari mana saja. Namun kaum jahiliyah ini biasanya akan mencari media yang paling banyak diakses orang, sebagai alat penyebarannya. Salah satunya adalah melalui situs syur. Penelitian Conrad Longmore menemukan, dua situs syur populer memiliki risiko terbesar dalam menyebarkan virus komputer. “Kita bisa menyebut iklan itu sebagai iklan bervirus,” ujar Conrad, seperti dilansir BBC.

 

Salah satu situs syur yang bertengger di nomor 46 situs populer Alexa, memiliki 1.067 iklan bervirus dari 20.986 halaman yang disaring selama 90 hari. Berdasarkan statistik Alexa, rata-rata pengguna situs tersebut membuka 10,3 halaman, yang berarti risiko mendapatkan iklan bervirus mencapai 42 persen. Pada situs syur lainnya, ditemukan iklan berbahaya 12,7 persen dari halaman yang ada.

Alexa.com adalah situs internet yang dioperasikan oleh Alexa Internet, Inc., perusahaan berbasis di California, Amerika Serikat. Situs ini menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs berikut urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.
Akan tetapi, Symantec, mengungkapkan fakta berbeda. Menurut pihak perusahaan antivirus raksasa yang sukses dengan program antivirus andalannya, Norton, ini, kerawanan di dunia maya terutama berada pada situs yang mengusung tema religi ketimbang situs syur.
Sangat menarik untuk dicatat bahwa situs dengan konten dewasa (syur) tidak masuk dalam lima besar yang terkena ancaman malware. Situs syur malah di urutan kesepuluh, ungkap pihak Symantec dalam laporan tahunan Internet Security Threat. Bahkan kata mereka, situs religi memiliki ancaman virus tiga kali lipat dibanding di situs syur.


Share the knowledge