Hentikan Menyiksa Hati, Ayo Konsumsi Probiotik

Keluarga Lifestyle
Share the knowledge

CeRiTa cHa: Pentingnya Probiotik & Prebiotik pada Gizi dan Nutrisi ... CeRiTa cHa Macam-macam makanan Prebiotik. Makanan yang mengandung Probiotik
CeRiTa cHa: Pentingnya Probiotik & Prebiotik pada Gizi dan Nutrisi … CeRiTa cHa Macam-macam makanan Prebiotik. Makanan yang mengandung Probiotik

Hati adalah organ internal terbesar kita. Dia yang melakukan lebih dari 500 fungsi untuk membuat kita tetap hidup dan sehat. Tetapi fakta itu tampaknya tidak menghentikan kita menyiksa organ tersebut. Minum bir, makan larut malam, begadang, bangun kesiangan, semua mendatangkan malapetaka pada organ vital ini.

Untungnya para ilmuwan tak berhenti melakukan penelitian. Jawabannya tak begitu mengagetkan: probiotik. Senyawa ini telah lama dikenal baik untuk kesejahteraan usus. Namun satu penelitian terbaru makin menegaskan bahwa probiotik adalah senjata untuk melawan potensi kerusakan hati.
Satu studi baru pada tikus menyebutkan, probiotik dapat mencegah kerusakan hati. Uji klinis besar masih diperlukan untuk menentukan bagaimana probiotik dapat melindungi kerusakan hati.

Anda mungkin pernah mendengar tentang hubungan antara probiotik dan kesehatan pencernaan. Berdasarkan itu, para peneliti dari Universitas Emory terinspirasi oleh penelitian yang menunjukkan bahwa usus yang baik dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Penasaran apakah probiotik dapat membantu organ lain yang paling penting, mereka memutuskan untuk menguji apakah probiotik umum, Lactobacillus rhamnosus GG, atau LGG, dapat melindungi hati terhadap kerusakan.

Penelitian dilakukan pada tikus, yang diberi diet yang dicampur dengan LGG atau makanan biasa. Setelah dua minggu, para mahluk itu mencerna dosis tinggi acetaminophen, suatu bahan yang ditemukan pada Tylenol (obat pereda sakit) yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan bahkan kematian ketika dikonsumsi secata tidak benar (meskipun berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan demam, dosis besar tylenol dapat meningkatkan jumlah radikal bebas; bentuk oksigen yang merusak, di dalam tubuh kita).

Hasilnya? Tikus yang mengonsumsi probiotik selama dua minggu menderita kerusakan hati lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengikuti diet biasa.

Postcomended   Manoj Punjabi VS Melly Goeslaw

Kolega para penulis studi, Bejan Saeedi, kandidat doktor di Universitas Emory, percaya bahwa probiotik meningkatkan jumlah protein Nrf2 dalam tubuh mereka, yang mengatur antioksidan. Antioksidan dikenal sebagai zat untuk menetralisasi radikal bebas (radikal bebas selama ini diketahui secara umum sebagai pemicu penyakit kanker, jantung, dll).

“Pemberian LGG probiotik pada tikus meningkatkan respons antioksidan hati, melindunginya dari kerusakan oksidatif yang dihasilkan oleh obat-obatan seperti acetaminophen,” kata Saeedi dalam sebuah pernyataan, dilansir MensHealth.

Saeedi nyaris tidak percaya bahwa sekaranglah saatnya melunasi utang Anda pada probiotik. Studi yang menunjukkan manfaat perlindungan probiotik pada sukarelawan manusia masih perlu dilakukan untuk menunjukkan bahwa LGG juga dapat membantu kita.

Postcomended   Apple Masuk Daftar Investasi Warren Buffett Terbesar Kedua #SURUHGOOGLEAJA

Penelitian lain, juga pada hewan, telah memberikan petunjuk bagi manusia bahwa probiotik bisa lebih baik dalam menjaga (metabolisme tubuh) Anda tetap teratur. Sebelumnya, probiotik juga dipraktikan untuk membantu menjaga berat badan, dan membersihkan kulit.

Probiotik Umum dan Probiotik Farmasi

Situs Alodokter menulis, probiotik adalah bakteri dan jamur yang hidup di dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Probiotik membantu makanan dapat masuk dan dicerna dengan baik oleh tubuh. Keberadaan bakteri probiotik, pada jumlah yang tepat, diduga membantu mengembalikan keseimbangan bakteri, menjaga kesehatan perut, dan mengatasi gangguan yang dialami oleh tubuh.

Probiotik dapat membantu mengatasi beberapa gangguan umum yang berhubungan dengan perut, seperti diare akibat infeksi virus/bakteri/parasit, radang saluran pencernaan, dan diare akibat reaksi antibiotik.

Namun tak semua probiotik memilik manfaat sama. Bahkan probiotik dibedakan antara probiotik tingkat farmasi dengan yang umum yakni yang mudah ditemukan di pasaran. Yang terakhir ini, menurut Alodokter, umumnya tidak memiliki informasi mengenai tingkat efektivitas atau keamanannya.

Namun probiotik tidak digolongkan ke dalam obat-obatan, melainkan lebih ke makanan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari probiotik, perlu dipastikan apakah suatu produk yang mengaku mengandung probiotik (dalam bentuk minuman misalnya) benar-benar mengandung jumlah dan jenis bakteri seperti yang tercantum pada kemasannya. Jadi jika ingin secara serius mencari manfaat baik dari probiotik, sebaiknya konsultasikan kepada ahli nutrisi. (***/menshealth/alodokter)


Share the knowledge

Leave a Reply