Mantan agen SS memiliki foto dirinya dengan terduga Hitler, menurut dokumen CIA (sumber foto: JOSÉ CÃRDENAS/Mirror)

Meskipun mengaku tak menanggapi secara serius, agen investigasi pusat Amerika (CIA) tak pernah bisa pura-pura tak peduli tentang informasi yang terkait gerakan politik dunia yang tak sesuai kemauannya. Sebuah dokumen mengungkap bahwa CIA menyelidiki adanya klaim seorang pria yang mengaku bahwa dia adalah Adolf Hitler yang tinggal di sebuah komunitas mantan Nazi di tahun 1950-an di Kolombia.

Dilansir Independent, dokumen yang dideklasifikasi ini menunjukkan –walaupun CIA tidak menanggapi dengan serius– mereka menerima foto pria yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan diktator Jerman tersebut.

Postcomended   Amerika dan Penjara Guantanamo?

Seorang mantan tentara SS, Phillip Citroen, mendatangi agen CIA pada 1954 dan mengatakan bahwa seorang pria yang berpura-pura menjadi Hitler tinggal di kota Tunja.

Dokumen tersebut mengatakan: “Citroen mengaku telah bertemu dengan individu ini di tempat yang disebut ‘Residencies Coloniales’ yang menurut sumber tersebut, penduduknya membludak oleh bekas Nazi Jerman.”

“Menurut Citroen, orang-orang Jerman yang berada di Tunja mengikuti orang yang diduga Adolf Hitler ini dengan gaya penyembahan berhala masa lalu Nazi ini, yang menganggapnya sebagai Sesepuh Fuhrer dan memberinya penghargaan hormat ala Nazi. Meskipun klaim tersebut ditulis dalam memo informal, CIA menolaknya sebagai rumor.

Postcomended   Potensi Zakat Indonesia Rp 213 Triliun per Tahun

Ada sejumlah konspirasi seputar kematian Hitler. Salah satu yang paling menonjol adalah yang menunjukkan bahwa Hitler menjalani hidupnya di Argentina. Ribuan orang Nazi diyakini telah melarikan diri ke Amerika Selatan setelah Perang Dunia Kedua, termasuk banyak diantaranya anggota senior tim Hitler.

Namun kebanyakan sejarahwan percaya bahwa Hitler menembak dirinya sendiri di dalam bunkernya di Berlin sementara istrinya Ava Braun bunuh diri dengan sianida. Mayat mereka kemudian disiram bensin dan dibakar di kebun.***