ikan dover sole (https://thecornishfishmonger.co.uk/media/catalog/product/cache/1/image/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/d/o/dove_sole_2.jpg)

Sebuah peristiwa langka, bahkan di kalangan para pemancing ikan, terjadi ketika seekor ikan melompat masuk ke dalam mulut pemancingnya yang sedang bercanda menaruh ikan tangkapannya di dekat mulutnya. Karena ikan itu menyumbat tenggorokan, si pemancing nyaris tewas. Kejadian ini terjadi di dermaga Boscombe di Bournemouth.

BBC melaporkan, si pemancing mungkin bermaksud menciumi ikan tangkapannya. Di kalangan pemancing, mencium ikan hasil tangkapannya apalagi untuk pertamakali, sudah tradisi.

Sementara itu Dailymail menyebutkan, pemancing bernama Sam Quilliam (28) tersebut bermaksud bercanda dengan menaruh ikan Dover sole (ikan sisa nabi) tersebut di atas mulutnya.

Akibat terhentinya pasokan oksigen karena mulutnya tersumbat, Sam sempat mengalami serangan jantung sebelum petugas medis dari South Ambulance Service menyelamatkannya pada 5 Oktober 2017.00

Sam Quilliam, kanan, bersama ikan dover yang masuk ke mulutnya (kredit: dailymail)

Sam ditemukan tidak sadar oleh paramedis yang melakukan napas buatan (CPR). Carl Smith (31) yang juga sedang memancing di lokasi sama saat itu, mengatakan, dia bercanda meletakan ikan itu di atas mulutnya yang terbuka, tapi ikan itu terlepas dari jari-jarinya dan langsung masuk ke tenggorokannya.

“Dia panik, berlari menuruni dermaga lalu menabrak dek. Dia tidak bisa bicara; kami tahu dia tersedak.”

Paramedis, Matt Harrison, mencoba mengeluarkan ikan itu dengan forsep tapi sirip ikan tersebut yang tajam dan insangnya tersangkut di tenggorokannya. Pada usaha keenam, ikan itu akhirnya bisa ditarik keluar semua.

Menanggapi hal itu, Harrison mengatakan, “Saya tidak pernah melihat insiden yang lebih aneh, dan tidak berpikir bahwa yang seperti ini bisa terjadi.” Harrison mengaku sangat senang pasien tidak mengalami efek serangan jantungnya menerus.

Dengan menggunakan tang, petugas lainnya, McGills, akhirnya bisa menarik ujung ekornya, dan dengan sangat hati-hati, agar tidak mematahkan ekornya.

Ikan dover sole atau dalam Indonesia diaebut juga ikan sisa nabi, ikan sebelah, atau ikan lidah, ditemukan meluas di Eropa dan Amerika, dengan bentuk dan ukuran berbeda.(***/dailymail/theguarsoam)

Nice catch today. @rex.goldsmith #cornishturbot #doversole #dorsetcrab #scrambledkang

A post shared by My name is Kang. (@londoneater) on

Share the knowledge