Internasional

Imigran Mali Penyelamat Anak Kecil Dihadiahi Kewarganegaraan Prancis

Seorang migran muda Mali yang menyelamatkan seorang anak yang tergantung di balkon akan dijadikan warga negara Prancis dan telah ditawari pekerjaan oleh brigade pemadam kebakaran Paris, kantor kepresidenan Prancis mengatakan, dilansir CNN. Terkait video aksi pemuda Mali itu, Daily mail di akun Instagramnya menulis: “Spiderman dalam kehidupan nyata, menyelamatkan nyawa anak kecil. Benar-benar pahlawan!” Dimanakah Negara Mali berada?

Video penyelamatan menunjukkan Mamoudou Gassama, 22 tahun, memanjat gedung apartemen empat lantai hanya dalam beberapa detik untuk menyelamatkan anak itu, sementara di bawah “penonton” bersorak mendukungnya.

Upaya penyelamatan yang dilakukan pemuda Mali ini nyaris gagal, andai orang yang berada di lantai tetangga dimana si anak terjatuh, dapat meraihnya. Namun bagaimanapun Gassama telah memiliki itikad untuk menyelamatkan anak tersebut.

Dilaporkan CNN, sementara layanan darurat Paris tiba di gedung, Gassama sudah menarik anak itu ke tempat yang aman.

Postcomended   Beranikah Anda? Ini Dia Wisata Menantang Badui Yang Sama Sekali Tidak Tersentuh Teknologi

Atas keheroikan Gassama, yang mana videonya viral sejak Minggu (27/5/2018), Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengundang Gassama ke Istana Elysee keesokan harinya (Senin). Dia diberi sertifikat dan medali emas atas keberanian dan dedikasinya.

Emmanuel Macron saat menerima Mamoudou Gassama (kredit: Instagram Emmanuel Macron)

Saat ditanya apa yang membuat dia memutuskan meniki gedung untuk menyelamatkan si anak, Gassama mengatakan kepada Macron: “Saya tidak memikirkannya, saya memanjat dan Tuhan membantu saya.”

Presiden Macron di akun Instagram resminya, Senin, memposting saat dirinya bercakap-cakap dengan Gassama. Dia menulis dalam Bahasa Prancis dengan terjemahan kira-kira sebagai berikut:
“Bersama Mr. GASSAMA yang menyelamatkan hidup seorang anak, Sabtu, memanjat 4 lantai dengan tangan kosong. Saya mengumumkan kepadanya bahwa sebagai pengakuan atas tindakan heroik ini dia akan diatur sesegera mungkin, dan bahwa brigade pemadam kebakaran Paris siap untuk menerimanya. Saya juga mengundangnya untuk mengajukan permohonan naturalisasi. Karena Prancis adalah amanah, dan Mr. GASSAMA telah menunjukkan dengan komitmen bahwa dia memilikinya!”

Postcomended   Pensiunan Pejabat Negara dan Polisi Diduga Terlibat Pemerkosaan dan Pembunuhan Bocah 8 Tahun

Menanggapi aksi Gassama, netizen ramai memberikan pujian. Tak kurang yang menyebutnya pahlawan, dan mendoakan agar dia memperoleh rahmat dari Tuhan. Seorang netizen menulis di tautan berita Dailymail di Facebook, “the power of body building.”

Dalam beritanya, media Inggris ini memang memosting foto Gassama yang badannya kekar, hasil dari kegiatan body building.

Dikirim oleh Nature That Attracts You pada Minggu, 27 Mei 2018

Mali, dikutip dari Republika, adalah satu negara dengan penduduk 95% Muslim. Muslim di negara terbesar kedua di Afrika Barat ini mayoritas menganut mazhab Sunni yang banyak dipengaruhi oleh corak tradisi tasawuf.

Muslim Mali dikenal toleran. Mereka dapat menyesuaikan diri dengan kondisi setempat. Para Muslimahnya berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, politik, dan kehidupan sosial. Seperti di Indonesia, mereka ada yang mengenakan jilbab, sebagian lagi tidak. ***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top