Internasional

Indahnya Pendakian ke Gunung Sibayak

Pendaki Jerman Hilang di Gunung Sibayak, Sumatera Utara VOA Indonesia1023 × 575Search by image Gunung Sibayak di Sumatera Utara (foto: Ilustrasi).

Pendaki Jerman Hilang di Gunung Sibayak, Sumatera Utara VOA Indonesia1023 × 575Search by image Gunung Sibayak di Sumatera Utara (foto: Ilustrasi).

Sumatera Utara merupakan suatu provinsi terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu provinsi tempat wisata yang memiliki pesona-pesona yang indah yang akan menyejukkan hati semua orang yang menjelajahinya.

Salah satu kota wisata yang terletak di sumatera utara adalah kota Berastagi yang biasa dikenal dengan kota karo yang masyarakatnya memiliki sapaan yang sangat khas yaitu Mejuah-juah!, Danau Toba, Pulau Samosir, dan Air Terjun Dua Warna masih belum cukup mewakili keragaman panorama alam Sumatera Utara. Ingin merasakan wisata mendaki ketinggian gunung?

Jika jawabannya Ya, maka ini adalah pilihan yang sangat sesuai bagi Anda. Terutama yang senang “bersusah-susah” dan memiliki jiwa PECINTA ALAM untuk menikmati keagungan alam ciptaan Sang Kuasa. Gunung Sibayak, hanya dengan berjuang mendaki dari awal hingga ke puncaknya-lah Anda akan dapat menyaksikan bentangan pemandangan luar biasa dengan petualangan yang tak terlupakan.

Tak jarang pula gunung ini disebut dengan “Gunung Raja”, sebab arti dari kata Sibayak itu sendiri adalah “Raja”. Menurut cerita penduduk, dahulunya tanah karo dikuasai oleh 4 Raja (Sibayak), yaitu Sibayak Lingga, Sarinembah, Suka, Barusjahe dan Kutabuluh. Unik Bukan??

Tips Mendaki Gunung Sibayak Bagi Pemula Phinemo640 × 400Search by image tips mendaki gunung

Tips Mendaki Gunung Sibayak Bagi Pemula Phinemo640 × 400Search by image tips mendaki gunung

Gunung Sibayak adalah kelas gunung berapi aktif yang memiliki uap panas. Selain itu, letusan yang terjadi beberapa waktu lalu cukup mengguncang bebatuan di puncak gunung. Kondisi yang cukup “tidak beraturan” dan berserakan pada bebatuan puncaknya ini, justru menjadi keunikan tersendiri yang menarik wisatawan yang senang menguji adrenalinnya untuk berusaha menaklukkan Gunung Sibayak hingga mencapai puncaknya untuk melihat panorama indahnya ….

Pemandangan matahari terbit dari puncak gunung akan membuat anda terperangah dan menyadari bahwa ciptaan Allah yang maha Esa itu sungguh indah dan tidak pantas untuk dilewatkan apalagi dirusak !! . Kilau kemunculan sinar matahari akan menerpa wajah Anda memberikan suasana hangat, menggantikan hawa dingin yang semalaman menyelimuti perjalanan Anda. Ya, demi melihat sunrise memang ramai pendaki memilih mendaki di malam hari.

Idealnya, Anda harus mulai melangkah dari kaki gunung pada pukul 02.00 dini hari. Tidak perlu khawatir, sebab suasana di malam hari tetap akan memukau Anda. Ditambah lagi cahaya-cahaya lampu rumah penduduk yang menerangi langit Gunung Sibayak. Sesaat membuat Anda merasa sedang berada di bulan karena kondisi pijakan selama pendakian yang penuh batuan.

Selain keindahan pemandangan puncaknya, aliran air dari sela-sela batuan gunung akan sangat menyegarkan Anda. Penduduk banyak yang memanfaatkannya sebagai sumber air minum. Air nya dingin dan sangat jernih. Inilah alasan utama sumber air pegunungan yang terus mengalir ini menjadi salah satu sumber air untuk air minum kemasan merek “AQUA” yang telah beredar di seluruh indonesia.

Uji Nyali dengan Mendaki Gunung Sibayak – VIVA viva.co.id641 × 452Search by image Gunung ini jadi spot hiking paling ikonik di Medan. – VIVA

Uji Nyali dengan Mendaki Gunung Sibayak – VIVA viva.co.id641 × 452Search by image Gunung ini jadi spot hiking paling ikonik di Medan. – VIVA

[Kawah Belerang Gunung Sibayak] Terlepas dari kawasan puncak, Gunung Sibayak masih menyimpan kemegahannya. Kawasan lainnya yang sering dijadikan objek berfoto bagi para pendaki adalah kawah Gunung Sibayak. Di dalam kawah ini terletak batu cadas dengan kawah belerang seluas 40.000 meter.

Kandungan solfatara membuatnya tak berhenti menyemburkan uap panas yang akan membuat kalian merasa tertantang dan senang melihat uap panas yang menyembur nyembur …. Bagian yang landainya dapat dijadikan tempat Anda untuk beristirahat sejenak di dalam tenda.

Akhir pekan atau hari libur sekolah akan sangat berpengaruh terhadap pertambahan jumlah pendaki gunung.Gunung Sibayak berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung yang kerap menjadi objek pendakian ini mencapai 2.094 meter dpl . Secara administratif wilayah gunung ini termasuk dalam TAHURA Atau Taman Hutan Raya yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Tanah Karo.

Siapa pun akan mengakui keindahan puncak sibayak, bila berada di puncaknya yang berketinggian 2.094 Meter.dpl sambil menyaksikan Sunrise (Matahari terbit) dari sana. Bagi yang ingin menyaksikan sunrise, diupayakan agar beranjak dari kaki gunung sekitar pukul 02.00 dini. Hampir mencapai puncak, ditemui aliran air dingin nan jernih. Airnya yang jernih mengalir di sela-sela bebatuan yang ditumbuhi lumut yang mengalir dari puncak Sibayak.

Berada di puncak, suasana alam begitu memukau, apalagi terpancar keindahan kerlap-kerlip lampu-lampu desa di sekitar kaki gunung, bila malam cerah. Ditambah lagi jejeran pengunungan Bukit barisan yang pesonanya begitu melengkapi kesempurnaan alam.

Selain puncak, daerah kawah tidak kalah uniknya. Selain disekitar kawah ditemukan batu cadas, kawah belerang yang luasnya 200 x 200 meter memiliki solfatara yang senantiasa menyemburkan uap panas. Untuk mengabadikan aktivitas kawah pendaki berlomba-lomba menuruni kawah. Dari kawah akan ditemukan sejumlah keunikan yang dimiliki oleh Sibayak yang amat jarang ditemukan di pegunungan lain.

Biasanya kawasan landai di daerah pinggiran kawah dijadikan untuk mendirikan Bivak (Tenda) untuk beristirahat melepaskan lelah seusai mendaki. Biasanya, malam Minggu dan hari libur merupakan musim pendakian ke puncak, dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Untuk bisa sampai ke Gunung sibayak jika anda berangkat dari Kota Medan, Anda akan menempuh jarak sejauh 77 km dengan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di Berastagi dan tentu saja jika tidak ada yang menghalau anda untuk melihat indahnya seperti macat.

Anda bisa memilih kendaraan roda dua atau roda empat. Setelah itu, untuk mencapai lokasi, terdapat dua pilihan rute, di antaranya perjalanan dari Berastagi atau dari Desa Semangat Gunung yang memiliki jalur tersendiri untuk masuk ke gunung dan memulai pendakian.

Terdapat tiga pintu masuk hutan gunung yang bisa Anda pilih untuk menuju puncak Gunung Sibayak. Menelusuri jalan setapak sepanjang hutan tropis dan hamparan tebing curam. Jalur masuk tersebut adalah melalui Desa Raja Berneh (Semangat Gunung), Jalur 54, Penatapan jagung rebus dan Jaranguda yang berjarak sekitar 500 meter dari Kota Berastagi.

Jadi anda bisa memilih jalur apa yang akan anda tempuh. Anda akan dimintai retribusi sebesar Rp 2.000,- per orang sebelum memasuki lokasi gunung. Jadi pastikan Anda telah menyiapkan uang pas untuk membayarnya.

Posisi Gunung Sibayak yang terletak di Kota Berastagi, akan memudahkan Anda untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Berastagi yang dijajakan di sepanjang jalan Kota seperti Cimpa, Tasak Telu, Lemang atau rires, BPK, Dan ada yang tak kalah ekstrem dengan makanan lainnya yaitu Pagit Pagit.

Share the knowledge

Pages: 1 2

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top