Loading...
Internasional

Indonesia Bakal Bangun Jembatan Laut Terpanjang di Dekat Singapura

Share the knowledge

Indonesia akan membangun jembatan antara pulau Batam dengan Bintan (gambar ilustrasi dari: http://en.industry.co.id/read/4194/batam-bintan-bridge-development-plan-estimated-using-costs-reach-rp43-trillion)

Indonesia akan membangun jembatan antara pulau Batam dengan Bintan untuk semakin terhubung dengan negeri-negeri jirannya (gambar ilustrasi dari: http://en.industry.co.id/read/4194/batam-bintan-bridge-development-plan-estimated-using-costs-reach-rp43-trillion)


Indonesia berencana membangun jembatan laut terpanjangnya mulai tahun depan yang akan menghubungkan dua pulau di dekat Singapura. Jembatan ini diharapkan dapat mendorong perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dengan pusat kegiatan di negeri jirannya tersebut. 

Jembatan yang rencananya akan memiliki Panjang tujuh kilometer ini, yang akan menghubungkan pulau Batam dan Bintan, akan menelan biaya hingga Rp 4 triliun (284 juta dollar AS). “Pembangunannya diperkirakan akan memakan waktu 3-4 tahun,” kata sekretariat kabinet negara itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (11/7/2019).

Dilansir laman Bloomberg, Presiden Joko “Jokowi” Widodo –yang mendapatkan periode kedua kepresidenannya–  saat ini sedang melakukan dorongan infrastruktur senilai lebih dari 400 miliar dollar AS (sekitar Rp 5.600 triliun).

Postcomended   8 November dalam Sejarah: Kaisar Romawi Deklarasikan Kristen sebagai Agama Resmi Negara #HariToleransiInternasional

Pemerintah Indonesia ingin memosisikan kembali Batam sebagai pusat pengiriman dan manufaktur alternatif ke Singapura dengan potensi menarik investasi baru senilai 60 miliar dollar AS (Rp 850 triliun).

Kementerian yang bertanggung jawab atas pekerjaan umum, disebutkan sedang menyiapkan studi kelayakan dan menganalisis desain teknik, yang diharapkan selesai pada akhir tahun, menurut pernyataan itu.

Menurut Edy Putra Irawady, kepala Badan Pengembangan Batam, Indonesia sedang mengembangkan wilayah Batam untuk menarik peluang yang berpotensi timbul dari ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Cina.

Postcomended   Mengejutkan, Tren Mudik 2018 Bakal Menurun

Jembatan ini juga akan melengkapi upaya Singapura yang ingin meningkatkan lalu lintas penumpang udara dengan membangun terminal kelima untuk Bandara Changi. Indonesia menginginkan jembatan ini untuk mengurangi biaya logistik, meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pariwisata di daerah tersebut.

Pemerintahan Jokowi menurut kepala regulator jalan tol negara itu, Danang Parikesit, dalam wawancara bulan lalu, seperti dilansir Bloomberg,  juga sedang mengkaji kemungkinan menghubungkan Semenanjung Malaysia dengan pulau Sumatra.***

 

Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top