Internasional

Indonesia Israel Memanas, Turis Indonesia Bakal Ditolak Masuk Israel

Israel Peringatkan Indonesia ; Kalau Tidak Ingin Perang Tolong Hormati Yahudi Dan Israel - Vidio.com vidio.com Israel Peringatkan Indonesia ; Kalau Tidak Ingin Perang Tolong Hormati Yahudi Dan Israel

Israel Peringatkan Indonesia ; Kalau Tidak Ingin Perang Tolong Hormati Yahudi Dan Israel – Vidio.com vidio.com Israel Peringatkan Indonesia ; Kalau Tidak Ingin Perang Tolong Hormati Yahudi Dan Israel

“Pupus sudah mimpiku,” ujar Juli, seorang pemilik akun Facebook. Sebagai umat Nasrani, Juli bermimpi pergi ke Israel untuk berziarah di Betlehem. Seorang temannya, Entik, yang mengaku memiliki agen travel, juga merasa dirugikan. “Saya sebagai agen travel, terkena dampak nya jg Mba,” ujar Entik. Tak hanya Nasrani, Ribuan Muslim juga melakukan wisata religius di tanah Palestina yang dikuasai Israel. Namun perkembangan politik terakhir membuat banyak calon peziarah harus membatalkan niatnya. Ada apa antara Indonesia dengan Israel?

Sebenarnya tak mengherankan jika Indonesia bermasalah dengan Israel atau sebaliknya, karena dengan alasan solidaritas terhadap perjuangan Palestina yang tanahnya dicaplok Israel, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun rupanya kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang warga Israel masuk Indonesia, membuat panas hati negeri zionis ini. Mereka diduga membalas dengan melarang WNI masuk ke Palestina, kecuali bagi yang telah memiliki visa hingga tanggal 9 Juni 2018.

Postcomended   Raih 83,3% SMS, Nama "Gelora Bandung Lautan Api" Diresmikan (2)

Dalam sebuah pesan yang beredar luas dikatakan bahwa turis Indonesia yang masuk setelah tanggal 9 Juni, akan ditolak. Aturan ini berlaku bagi perorangan mau pun kelompok.

Dilansir laman Voice of America (VOA), Israel disebut melarang wisatawan dan peziarah dari Indonesia, untuk menanggapi apa yang disebut sebagai larangan Israel oleh Jakarta.

Menurut VOA, ada hingga puluhan ribu Muslim Indonesia yang mengunjungi Israel setiap tahun sebagai bagian dari tur yang lebih luas di Timur Tengah (bagian dari paket umroh).

Pejabat Indonesia belum mengonfirmasi pernyataan Israel bahwa mereka telah menangguhkan visa bagi wisatawan Israel. Kedua negara ini memiliki hubungan diplomatik yang panas.

Indonesia telah memprotes apa yang mereka katakan sebagai perlakuan kasar Israel terhadap orang-orang Palestina. Awal Mei 2018, demonstran Indonesia membakar bendera AS dan Israel di luar Kedutaan Besar AS di Jakarta untuk memprotes pemindahan Kedutaan Besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Postcomended   Cacing Benang Ditemukan di Lima Produk Mackerel Kaleng Lokal

Larangan kedatangan wisatawan ini, sebut VOA, memberi sinyal bahwa hubungan antara negeri Yahudi tersebut dengan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia ini tampaknya memanas.

Perdagangan antara Israel dan Indonesia telah dicabut, dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah menyerukan hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Seorang netizen, Goodwin, mengomentari tautan berita VOA. Menurutnya, “Israel tidak pernah bisa salah. Jika mereka (Indonesia) tidak suka (kepada) Israel dan membakar bendera Israel, lalu apa yang mereka inginkan di Israel? Saya mendukung satu triliun persen penolakan Israel atas visa kepada para turis dari Indonesia … Sampai ada bukti perubahan hati yang baik dan permintaan maaf dari Indonesia.”

Postcomended   Sudah "Hijrah", Caisar Terpaksa Joged Lagi demi Menolong Teman

Menanggapi kabar ini, Kementerian Luar Negeri membenarkannya meskipun belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Karena tidak memiliki hubungan diplomatik, selama ini turis Indonesia yang ingin berwisata rohani ke Israel umumnya melalui Mesir atau negara penghubung lainnya. (***/VOA/tempo)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top