Ribuan Gading Gajah Disita dari Pedagang | Republika Online Internasional | Republika Online - Republika Seorang polisi berdiri di deretan gading gajah yang disita dari perburuan gelap (ilustrasi)

Ribuan Gading Gajah Disita dari Pedagang | Republika Online Internasional | Republika Online – Republika Seorang polisi berdiri di deretan gading gajah yang disita dari perburuan gelap (ilustrasi)

Inggris akan melarang perdagangan barang-barang yang terbuat dari gading. Ini dilakukan dalam upaya membantu melindungi gajah. Para menteri negeri itu mengatakan, larangan ini akan menjadi yang paling sulit di Eropa dan salah satu yang paling sulit di dunia.

Pasalnya, larangan ini akan mencakup barang-barang dari segala usia, dan bukan hanya untuk barang yang mengandung gading baru.

Berdasarkan rencana yang diumumkan oleh Sekretaris Lingkungan di kementerian Inggris, Michael Gove, siapa pun yang melanjutkan perdagangan gading secara ilegal akan menghadapi denda yang tidak terbatas atau hukuman penjara hingga lima tahun. Jajak pendapat menunjukkan, 85% publik Inggris mendukung larangan ini.

Postcomended   Accor Take Off 2018 International Competition "Mobile Hospitality for Global Nomads"

Perdagangan gading adalah penyebab utama menurunnya jumlah gajah liar. Spesies mamalia besar yang terancam punah ini terus diburu untuk gadingnya dihargai mahal. Dalam dekade terakhir saja, jumlah gajah liar turun hampir sepertiganya, dengan sekitar 20.000 ekor digorok untuk gadingnya setiap tahun. Perdagangan gading ilegal internasional diperkirakan bernilai 17 miliar poundsterling (sekitar 10 miliar dolar AS) setiap tahun.

Tidak jelas kapan larangan ini akan berlaku, tetapi sumber-sumber pemerintah mengatakan sesegera mungkin. Gove mengatakan, gading seharusnya tidak dianggap komoditas yang memberi keuntungan finansial atau simbol status. “Kami akan memperkenalkan salah satu larangan tersulit di dunia untuk melindungi gajah untuk generasi mendatang,” kata Gove.

Beberapa produk berbahan gading yang mendapat pengecualian antara lain yang dibuat sebelum 1947 dan mengandung kurang dari 10 persen unsur gading. Alat-alat musik yang dibuat sebelum 1975 dan mengandung kurang dari 20 persen gading juga akan diizinkan untuk diperdagangkan. Museum juga akan diizinkan untuk membeli dan menjual barang-barang gading.

Postcomended   Permintaan Melambat Dramatis, General Motors Pangkas Ratusan Job

Larangan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian kebijakan ramah lingkungan yang diumumkan pemerintah Inggris. Sebelumnya, mereka juga telah melarang plastik microbeads, melarang pestisida yang berbahaya untuk lebah, mewajibkan rumah pemotongan hewan memasang CCTV, dan berjanji menghapuskan semua sampah plastik pada 2040.(***/independent)

Share the knowledge