Ekonomi

Ingin Kerajaan Internetnya Makin Besar, Alibaba Kucurkan Rp 8 Triliun pada Startup Pengenalan Wajah

(China Knowledge)

Megvii Inc., pengembang sistem pengenalan wajah China Face ++, dikatakan oleh pihak yang akrab dengan masalah ini seperti dilansir Bloomberg, telah mengumpulkan setidaknya 600 juta dolar AS (sekitar Rp 8,4 triliun) dari investor termasuk Alibaba Group Holding Ltd. dan Boyu Capital. Alibaba berniat sekali meningkatkan investasinya di perusahaan rintisan (startup) Cina ini, dengan harapan akan  sepenuhnya mendukung kerajaan internet dan ritelnya.

Perusahaan yang berbasis di Beijing ini, yang telah menghitung Ant Financial milik miliarder Jack Ma dan salah satu dana ventura terbesar yang didukung negara Cina sebagai investor, akan menutup putaran pendanaan ini dalam beberapa minggu, kata sumber-sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena masalah ini bersifat pribadi. Perusahaan kemudian akan mencari tahap kedua pendanaan, kata mereka.

Alibaba meningkatkan investasinya di perusahaan rintisan buatan Cina itu, berharap untuk menggunakan teknologi ini di seluruh kerajaan internet dan ritelnya yang semakin berkembang. Megvii menyediakan sistem pemindaian wajah untuk perusahaan termasuk untuk Lenovo Group Ltd. dan Ant Financial, perusahaan pembayaran yang mendukung platform e-commerce Alibaba.

Postcomended   Alibaba Bikin Guru Bahasa Inggris ini Jadi Miliarder E-Commerce

Megvii dengan begitu akan bersaing dengan SenseTime, startup lain yang didukung Alibaba, untuk pangsa pasar di sektor-sektor seperti ritel, keuangan, dan telepon pintar, serta keamanan publik yang dapat memanfaatkan pengenalan wajah.

Alibaba dan Megvii menolak berkomentar. Perwakilan Boyu yang menjawab panggilan ke nomor utamanya mengatakan perusahaan tidak berkomentar dan menolak untuk meneruskan panggilan.

Megvii akan menggunakan sebagian besar pendanaan dari putaran ini untuk mendukung inisiatif ritel, termasuk menerapkan teknologinya di toko tanpa awak, kata orang-orang. Pendukung baru Boyu Capital adalah perusahaan ekuitas swasta yang didirikan oleh cucu mantan pemimpin Tiongkok, Jiang Zemin.

Postcomended   Indonesia Ingin Manfaatkan Ekosistem Alibaba untuk Ekspansi Ekspor

Di luar perdagangan, teknologi pengenalan wajah telah menarik minat dari otoritas pemerintah yang ingin dapat mendeteksi kejahatan dan ancaman terhadap stabilitas sosial sebelum terjadi. Perangkat lunak Megvii menggunakan pemindaian wajah yang disimpan di database Kementerian Keamanan Publik yang diambil dari file identifikasi hukum pada sekitar 1,3 miliar orang Cina.

Investor lainnya termasuk Foxconn Technology Group, CCB International Holdings Ltd., Qiming Venture Partners dan Sinovation Ventures. SenseTime dikatakan dalam diskusi untuk mengumpulkan dana hamper 1 miliar dolar AS dari Dana Vision Softbank Group Corp., orang-orang yang akrab dengan kesepakatan itu mengatakan secara terpisah pekan lalu.(***/Bloomberg)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top