EveHow

Membangun otot tidak terjadi dalam semalam. Bahkan hitungannya bias tahunan ketimbang bulanan. Jadi, berhentilah memeriksa massa otot Anda meskipun merasa telah nge-gym intensif selama seminggu. Jika merasa selama upaya tersebut ada penurunan berat badan, boleh jadi itu bukan karena kalori Anda yang terkonversi menjadi otot melainkan karena cairan yang hilang.

Berapa kilogram otot yang bisa Anda bangun dalam sebulan? Jawabannya, bervariasi untuk setiap  individu. Terapis fisik SPEAR Marc Jacobchick, DPT, kepada The Independent mengatakan, jumlah maksimum otot yang dapat Anda peroleh dalam satu bulan tidak hanya berbeda antara pria dan wanita, tetapi juga antar setiap individu.

“Variabel seperti intensitas pelatihan, volume, frekuensi, susunan genetika, diet, istirahat, dan tingkat hormon masing-masing memiliki efek spesifik pada penguatan otot.” Namun, bahkan jika diet Anda sempurna dan Anda mempertahankan rezim latihan tanpa cela, jangan berharap untuk melihat perbedaan berat badan yang signifikan hanya dalam waktu satu bulan.

“Dengan semua hal itu dipertimbangkan, rata-rata pria dapat memperoleh sekitar satu hingga dua pon otot per bulan dan rata-rata wanita hingga satu pon per bulan,” kata Jacobchick. Namun jika target pembentukan otot begitu memaksa, Jacobchick menyarankan, “Latihan beban berat telah ditunjukkan untuk membangun otot lebih cepat daripada latihan resistensi ringan dan kardio.” Ini merupakan dasar dari prinsip overload (mengangkat beban yang lebih berat).

Postcomended   Mengandung Zat Pembuat Bahan Bakar Roket, Obat Jantung Ditarik dari Pasaran

Agar otot berubah dan tumbuh, kata Jacobchick, stimulus (latihan) harus cukup besar untuk menyebabkan robekan kecil di otot yang, dengan istirahat dan nutrisi yang tepat, akan tumbuh kembali lebih besar dan lebih kuat dari sebelumnya. Intinya, untuk membangun otot, Anda juga harus menggunakan otot-otot Anda.

Latihan yang melibatkan angkat bebani, disarankan untuk penguatan otot. Sedangkan latihan berbasis kardio hanya akan menghasilkan hasil yang minimal. “Berdasarkan prinsip overload, stimulus latihan kardiovaskular biasanya tidak cukup untuk menyebabkan peningkatan otot yang signifikan,” kata Jacobchick.

Otot Anda, kata Jacobchick, tidak perlu menjadi lebih besar dan lebih kuat untuk mendapatkan ketahanan, namun mereka harus lebih besar dan lebih kuat untuk bias mengangkat beban yang lebih berat.”

Postcomended   Manusia Favorit Para Nyamuk: Mengapa yang Satu Lebih Sibuk Garuk-garuk Dibanding yang Lain?

Benji Tiger, seorang pelatih pribadi di OrangeTheory, menambahkan, “Untuk mendapatkan otot, Anda harus melakukan latihan beban dan kardio minimal.”  Melakukan kardio, kata Tiger, memang membantu mengurangi kelebihan lemak tubuh, tetapi melakukan terlalu banyak sebenarnya dapat mengakibatkan tubuh Anda terbakar melalui otot.

Awasi Kebiasaan Makan
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika berusaha mendapatkan otot adalah kebiasaan makan.  Meskipun Anda masih bisa mendapatkan otot bahkan jika pola makan Anda buruk, makan yang kebanyakan lemak jenuh akan menghambat pertumbuhan otot.

Bagi mereka yang serius membentuk otot, makanan terbaik untuk dimakan adalah makanan alami dan tinggi protein. Waktu adalah penting karena merupakan bagian integral untuk mengisi ulang otot-otot Anda setelah menegangkan mereka.

Untuk hasil terbaik, Jacobchick merekomendasikan makan dalam 30 menit hingga satu jam, karena ini adalah “waktu optimal bagi otot Anda untuk mengambil protein yang Anda telan dan memulai proses pembangunan kembali.” Membangun otot mungkin merupakan proses yang lambat, tetapi bonusnya adalah dedikasi untuk mempertahankan gaya hidup sehat.***

Share the knowledge