Internasional

Inilah Calon Penumpang Berbayar Pertama SpaceX untuk Keliling Bulan

Japanese billionaire Yusaku Maezawa at his unveiling in Hawthorne, California, as the first private passenger to fly around the moon aboard the SpaceX Big Falcon Rocket ( David McNew/AFP/Getty )

Japanese billionaire Yusaku Maezawa at his unveiling in Hawthorne, California, as the first private passenger to fly around the moon aboard the SpaceX Big Falcon Rocket ( David McNew/AFP/Getty )

Namanya mendadak disebut di berbagai media setelah SpaceX mengumumkan Senin (17/9/2018) malam bahwa penumpang berbayar pertama pesawat ruang angkasa BFR-nya adalah seorang miliarder asal Jepang, pendiri pusat fesyen online. Sang miliarder harus memastikan hingga lima tahun ke depan tetap sehat dan hidup untuk dapat menikmati jalan-jalan keliling Bulan.

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa (42), pendiri pusat fesyen online, Zozotown, akan menjadi salah satu orang pertama berstatus wisatawan –bukan astronot– yang akan menembus ruang angkasa; satu hal yang dahulu masih sekadar khayalan. Jika tak ada halangan dia akan meluncur di saat usianya menginjak 47.

Apakah dia akan berangkat sendiri? Dilansir Forbes, Maezawa rupanya tidak hanya membeli satu kursi, melainkan mencarter seluruh pesawat ruang angkasa, dan akan ada 6-8 seniman yang beruntung dari berbagai negara yang diajaknya; para seniman yang mewakili gaya seni yang berbeda.

Postcomended   Now Everyone Can Climb

Tujuan proyek Maezawa adalah agar para seniman terinspirasi oleh perjalanan tersebut dan menciptakan seni tentang hal itu ketika mereka kembali ke Bumi. “Saya berharap bahwa proyek ini akan menginspirasi para pemimpi dalam diri kita masing-masing,” Maezawa menulis di situs web untuk proyek tersebut, disertai tagar #DearMoon.

Harga persis yang dibayar Maezawa tidak diungkapkan selama konferensi pers yang mengumumkan peluncuran. “Tapi itu akan gratis untuk para artis!” Kata Boss SpaceX, Elon Musk. Maezawa adalah seorang kolektor seni. Dia memiliki koleksi karya-karya seniman nyentrik mulai  Pablo Picasso, Yayoi Kusama, Richard Prince, dan Jeff Koons.

Meazawa terinspirasi untuk mengajak para seniman ke ruang angkasa setelah melihat karya seni ciptaan Basquiat. “Suatu hari ketika saya sedang menatap lukisannya, saya berpikir, ‘Bagaimana jika Basquiat pergi ke luar angkasa dan telah melihat bulan, karya indah apa yang akan dia ciptakan?” kata orang terkaya ke-18 di Jepang ini.

SpaceX telah mengumumkan pada 2017 bahwa dua penumpang yang pada saat itu tidak disebutkan namanya telah memesan tiket untuk terbang melintasi Bulan dalam roket Falcon Heavy yang akan diluncurkan pada  2018.

Postcomended   Gaji Rendah, Tukang Pos Biarkan Surat Numpuk Tiga Tahun

Namun Falcon Heavy diketahui hanya sanggup memuat dua penumpang, sementara BFR akan memiliki ruang bagi lebih banyak orang. Perjalanan, menurut SpaceX, akan memakan waktu empat atau lima hari, dan pesawat antariksa akan berada 125 mil dari bulan pada titik terdekatnya.

Pada konferensi pers, Musk mengungkapkan apa yang dia nyatakan kemungkinan iterasi terakhir dari desain pesawat ruang angkasa BFR. Prototipe pesawat ruang angkasa pertama sedang dibangun, menurut Musk, dan mesin Raptornya telah diuji. Musk mengatakan, jika semua berjalan dengan baik, ia harus melakukan penerbangan uji pertamanya dalam dua atau tiga tahun.

Berdasarkan desain saat ini, BFR akan sepanjang 118 meter, dengan kapasitas angkut 1100 meter kubik dan 100 metrik ton. Ini akan memiliki tujuh mesin Raptor, masing-masing mampu mendorong 200 ton.

Pengumuman ini datang di tengah kabar Musk dihujani kritik karena kedapatan merokok ganja di podcast Joe Rogan, plus adanya gugatan pencemaran nama baik dari penyelam penyelamat yang membantu menyelamatkan tim sepak bola di Thailand musim panas lalu.

Postcomended   Dunia Balas Tarif AS, Donald Trump kepada Petani AS: Sabar Sedikit!

Mengenai proyek ini, Musk mengatakan, ini penting bagi tujuan jangka panjangnya untuk melakukan perjalanan ke Mars, meskipun dia mengaku memiliki prioritas lain yakni satu misi dengan NASA. Sementara itu menurut Musk perusahaan hanya menggunakan kurang dari 5% sumber dayanya untuk proyek BFR, yang kata Musk hanya sebagian kecil sumber daya SpaceX.***

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top