Nasional

Inilah Orang-orang yang Disasar KPK Malam Itu Terkait OTT Kalapas Sukamiskin

Mitsubishi Triton Exceed, satu dari dua mobil yang disita KPK dari rumah Kalapas Sukamiskin, yang diduga untuk menyuapnya agar dia bersedia memberi fasilitas mewah di lapas, termasuk izin “jalan-jalan” keluar lapas. Mobil lainnya yang disita adalah Mitsubishi Pajero Sport Dakkar terbaru (sumber gambar: Klosters)

Dalam wawancara di satu stasiun TV, Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, menceritakan, ketika KPK pada Sabtu (21/7/2018) dini hari menggerebek Lapas Sukamiskin, mereka melihat ada ambulans di halaman lapas yang segera pergi begitu melihat tim KPK datang. “Entah siapa itu yang ada di dalam ambulans itu,” kata Laode sembari agak terkekeh. Malam itu, KPK mendapati sejumlah napi korupsi tak ada di selnya. Fuad Amin disebut dibawa ke rumah sakit karena muntah darah. sedangkan Wawan disebut kembali ke sel malam itu juga.

Kuasa hukum Wawan, Tb Sukatma, Senin (23/7/2018), membenarkan bahwa Wawan, nama kecil Tubagus Chaeri Wardana, tidak berada di selnya saat operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. Menurut Sukatma, Wawan saat penggerebekan itu sedang berobat karena terserang flu berat. Dia  sudah mendapatkan izin berobat sejak sepekan lalu.

KPK melakukan sidak ke Lapas Sukamiskin terkait OTT  terhadap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husein (WH). WH ditangkap di rumahnya Sabtu pukul 00.00 di kawasan Bojong Soang, Kab Bandung. Ikut dicokok bersamanya adalah istrinya.

Postcomended   Akibat Seekor Buaya Bunuh Seorang Warga, Matilah Buaya Sekandang

“Uang tunai rupiah dan valas serta kendaraan juga diamankan sebagai barang bukti awal,” ungkap Laode. Kendaraan yang dimaksud Laode adalah Mitsubishi Triton Exceed warna hitam dan satu unit Mitsubishi Pajero Sport Dakkar warna hitam, yang saat berita ini dipublikasi, sudah dibawa ke Gedung KPK.

Uang dan dua mobil itu diduga merupakan hasil suap para napi koruptor yang ingin mendapatkan fasilitas lebih di dalam lapas, mulai fasilitas kamar mewah, alat komunikasi, hingga mendapatkan izin jalan-jalan keluar lapas. Menurut Laode, semua harta benda itu terutama mobil, didapatkan WH hanya dalam empat bulan dia mulai bertugas sebagai Kalapas Sukamiskin.

WH baru menjabat Kalapas Sukamiskin pada Maret lalu. Sebagai lapas khusus para koruptor kakap, Sukamiskin bagai menjadi ladang harta karun bagi WH.

Postcomended   Pernah Bebaskan 4 Tersangka Koruptor, Hakim Kusno Bakal Pimpin Praperadilan Setya Novanto

Enam Orang yang Diamankan KPK

Dalam OTT malam itu, selain menangkap WH dan istrinya, Dian Anggraeni; Fahmi Darmawansyah dan istrinya, Inneke Koesherawati; KPK juga mengamankan supir WH, Hendri; juga seorang narapidana tipikor yang sedang mendekam di lapas tersebut bernama Andri.

Di Sukamiskin, KPK menggeledah sel Fahmi, terpidana kasus korupsi proyek pengadaan satelit pemantau Badan Keamanan Laut (Bakamla). Fahmi dan Inneke malam itu juga ditangkap KPK.

KPK kemudian melanjutkan menggeledah sel mantan Bupati Bangkalan Madura yang terjerat kasus pencucian uang, yakni Fuad Amin; serta Wawan, terpidana atas kasus suap kepada mantan Ketua MK, Akil Mohtar, dalam kasus sengketa Pilkada Lebak Banten.

Akan tetapi keduanya tak ada di tempat saat akan digeledah KPK. Pihak Ditjen Pemasyarakatan dalam jumpa pers yang dilakukan malam itu juga di kantornya di Jakarta, membenarkan bahwa penghuni sel di lapas Sukamiskin yang disegel adalah sel Tubagus Chaeri Wardana dan Fuad Amin.

Dalam jumpa pers tersebut, Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Utami, mengatakan, Wawan malam itu kembali ke sel. “Sekarang Wawan sudah di Lapas Sukamiskin,” ujar Sri. Sementara Fuad Amin dirawat di RS karena sakit dan sempat mengalami muntah darah.  “Pak Fuad memang dirawat di RS Borromeus. Seharusnya memang tak di RS itu, tapi karena muntah darah…,” kata Sri.

Namun Sri tidak menjelaskan kejanggalan, mengapa kunci sel tidak dipegang oleh pihak Lapas, melainkan seperti diduga KPK, kunci dibawa oleh para penghuninya, layaknya kamar hotel. Kenyataannya, petugas lapas tidak memegang kunci saat diminta membuka sel mereka.(***/tempo/BBC/detikcom/metrotvnews)

Postcomended   12 Agustus 2017, Puncak Kedatangan Tamu Antariksa Tahunan

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top