Intel Working on Black Box for Your Car - The New York Times Wheels - The New York Times480 × 331Search by image Intel is working on an event recorder, which will be part of its Connected Car

Intel Working on Black Box for Your Car – The New York Times Wheels – The New York Times480 × 331Search by image Intel is working on an event recorder, which will be part of its Connected Car

Satu perusahaan konsultan manajemen memperkirakan, lebih dari 5 juta mobil konvensional di Amerika Serikat (AS) akan digantikan 4,7 juta mobil swakemudi hingga akhir 2030. Seorang pelaku digitalisasi industri mengatakan, industri otomotif berada di ambang transformasi besar, dan itu akan terjadi lebih cepat sebelum disadari. Ramalan itu tampaknya semakin mendekati kenyataan, ketika Intel, perusahaan chip komputer pun, mulai menjajal mobil swakemudi.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, Rabu (9/8/2017), raksasa Silicon Valey, Intel, mengumumkan rencana peluncuran armada mobil swakemudinya. Mereka mengaku akan melakukannya setelah menyelesaikan kesepakatan pembelian Mobileye, perusahaan teknologi bantuan kemudi (otonom) asal Israel, senilai 15 miliar dolar.

Intel mengatakan akan mulai meluncurkan secara penuh mobil-mobil swakemudinya pada 2017 ini, yakni sejumlah 100 unit lebih, untuk uji coba di Eropa, Israel, dan AS. 

Amnon Shashua, mewakili Intel, mengatakan, “Tujuan kami adalah mengembangkan teknologi kendaraan swakemudi yang bisa disebarkan di mana saja.’’

Postcomended   Penting Gak Sih Belajar "Media Strategic Planning"?

Armada swakemudi uji coba Intel ini akan memanfaatkan keunggulan Mobileye untuk visi komputer, pemetaan, dan penginderaan. “Kami ingin membantu kalangan produsen kendaraan untuk meluncurkan mobil-mobil swakemudi dengan cepat sembari mengurangi biayanya,’’ kata Shashua.

Kendaraan-kendaraan Intel ini akan beroperasi dengan swakemudi level 4 yang menurut standar industri mewakili otonomi tingkat tinggi; hanya sedikit dibawa level 5. Semua sistem ini akan mengurangi secara signifikan potensi kecelakaan lalin untuk mobil swakemudi.

Mobileye dalam situs resminya menyebutkan, perusahaan ini didirikan pada 1999 dengan keyakinan bahwa teknologi “pengaman-penglihatan” akan membuat jalanan lebih aman, mengurangi kemacetan lalu lintas, sekaligus menyelamatkan nyawa.

Di situsnya itu, Mobileye mengaku telah bermitra dengan lebih 25 produsen mobil termasuk

Sementara Intel seperti kita ketahui merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia chip semikonduktor dengan produk utamanya perangkat dan komputer pribadi, prosesor, motherboard, chipset, komponen server, produk ethernet, nirkabel, barang elektronik konsumen, solid state drive dan produk-produk lainnya. Intel didirikan pada 1968 oleh Gordon E. Moore, Robert Noyce, dan Arthur Rock, di Mountain View, California, AS. Nama Intel berasal dari gabungan Integrated Electronics.

Postcomended   RIP Yahoo: Yahoo Bakal Ganti Nama

Mengutip dari Bisnis.com, Boston Consulting Group (BCG), memperkirakan lebih dari 5 juta mobil konvensional di AS akan digantikan oleh 4,7 juta mobil listrik swakemudi hingga akhir 2030.

BCG memroyeksikan pada tahun tersebut, akan ada sepanjang 1,5 triliun kilometer perjalanan dilakukan di dalam mobil swakemudi.

Hal ini akan dimulai secara bertahap pada awal 2020-an dan mungkin bisa lebih cepat jika pabrikan menemukan cara untuk menekan harga produksi.

Justin Rose, mitra BCG untuk digitalisasi industri, seperti dilansir Bloomberg, Selasa (11/4/2017), mengatakan, industri otomotif sedang berada di ambang transformasi besar. “Dan itu akan segera terjadi lebih cepat sebelum kita sadari,” ujarnya.

Postcomended   Alibaba Bikin Guru Bahasa Inggris ini Jadi Miliarder E-Commerce

Seperti diketahui, perusahaan otomotif dan teknologi saat ini tengah berlomba meluncurkan mobil swakemudi. Tesla Inc, BMW, Daimler AG, General Motors Co, Ford Motor Co, dan Volvo Cars berjanji akan memiliki mobil swakemudi dalam lima tahun ke depan.

Sementara itu Alphabet Inc berkerja sama dengan Fiat Chrysler menciptakan platform mobil swakemudi. Kedua perusahaan ini juga menjajaki kerja sama dengan Honda Motor Co. ***(ra)