Usia di Atas 40 Tahun dan Mual-mual, Periksalah Gula Darah dan ... Kompasiana.com760 × 380Search by image Usia di Atas 40 Tahun dan Mual-mual, Periksalah Gula Darah dan Rekam Jantung

Usia di Atas 40 Tahun dan Mual-mual, Periksalah Gula Darah dan … Kompasiana.com760 × 380Search by image Usia di Atas 40 Tahun dan Mual-mual, Periksalah Gula Darah dan Rekam Jantung

Semakin tua usia seseorang semakin dia berisiko mengalami diabetes, terutama bagi yang mulai memasuku usia 40. Karena itu, dokter menyarankan agar mereka yang sudah masuk usia itu segera memeriksakan kadar gula darahnya.

 “Begitu usia di atas 40 tahun, sebaiknya langsung cek,” ujar internis, dr Wismandari Wisnu, SpPD, KEMD, FINASIM, di acara Jakarta Diabetes Meeting 2017, Kamis (9/11/2017). Jika hasilnya normal, boleh “libur” cek selama tiga tahun.
Bagi yang sudah didiagnosis prediabetes, dia menyarankan cek gula darah setahun sekali. Prediabetes biasanya terjadi jika gula darah puasa di atas 100 mg/dL atau 125 mg/dL.
Namun kata Wismandari, kelompok usia di bawah 45 tahun, terutama yang memiliki sederet faktor risiko, perlu juga segera memeriksakan gula darah.
Faktor risiko yang dimaksud adalah gemuk, prediabetes, keturunan, kadar kolesterol LDL tinggi, tekanan darah tinggi (di atas 140/90 atau sedang minum obat), ada riwayat sakit jantung dan stroke, pernah melahirkan bayi dengan berat 4 kilogram lebih, kurang aktivitas fisik, dan kadar gula darah tinggi saat hamil.

Pada 2015 lalu, Indonesia berada di urutan ke-7 di dunia terbanyak penderita diabetes, yakni mencapai 10 juta orang. Dari jumlah ini, sebanyak 4,6 juta orang berada di kelompok usia 40-59 tahun, 2 juta di kisaran usia 60-79 tahun, dan 1,6 juta orang di bawah usia 40, atau 1 dari 5 orang penderita diabetes.(***/antara)

Postcomended   Mengunyah Lebih Lama Akan Membuat Otak Memberi Sinyal Kenyang