Ekonomi

Invetasi Cina Menurun di Amerika Namun Membesar di Negara Lain

Delapan Fakta Kekuatan China di Pusaran Ekonomi Dunia : Okezone ... Okezone Ekonomi https: img.okeinfo.net content 2015 08 27 213 1203767 delapan-fakta

Delapan Fakta Kekuatan China di Pusaran Ekonomi Dunia : Okezone … Okezone Ekonomi https: img.okeinfo.net content 2015 08 27 213 1203767 delapan-fakta

Cina dan Amerika Serikat (AS) masih dalam suasana saling ancam. Namun sebuah laporan menyebutkan, investasi Cina di AS jatuh sejak tahun lalu ketika ketegangan antara kedua negara mulai meningkat. Studi bersama yang dilakukan Komite Nasional Hubungan AS-Cina dan Rhodium Group, menyebutkan nilai transaksi yang diumumkan pada 2017 turun lebih dari 90% dibanding tahun sebelumnya.

Laporan itu mengatakan, pergeseran kebijakan di kedua negara (akibat perang urat saraf perdagangan tersebut) telah memicu penurunan. Cina telah menghentikan investasi keluar, sementara AS meningkatkan kekhawatiran tentang kesepakatan untuk alasan keamanan nasional.

“Lingkungan kebijakan yang berubah ini telah mengubah pola dua arah (investasi asing langsung) dan akan terus membentuk kembali tingkat dan komposisi investasi di masa depan,” kata para penulis laporan.

Laporan itu menemukan, perusahaan Cina menyelesaikan investasi di AS senilai 29 miliar dolar AS pada 2017, turun 35% dari rekor 46 miliar dolar AS yang diselesaikan pada 2016.

Postcomended   Ujud Dukungan Stephen Hawking Terhadap Palestina

Namun menurut penelitian tersebut, angka tahun 2017 itu “didukung secara signifikan” oleh transaksi yang dilakukan sejak tahun sebelumnya. “Jika transaksi yang diumumkan sebelum 2017 tidak termasuk, nilai transaksi yang diselesaikan turun 74%.”

Namun penurunan di AS ini mengikuti peningkatan pesat dalam investasi Cina di luar negeri lainnya selama dekade terakhir, yang telah memicu kekhawatiran baik di Cina sendiri maupun di negara-negara termasuk AS, Australia dan Jerman.

Pada akhir 2016, regulator Cina bergerak mengekang investasi keluar, yang sebagiannya terkait dengan akuisisi yang dipicu utang di negara lain. Hal ini diikuti tindakan keras di beberapa negara konglomerat terbesar.

Di AS, para politisi telah menyuarakan keprihatinan bahwa perusahaan-perusahaan Cina, yang didukung oleh pemerintah, menargetkan investasi pada teknologi militer dan yang berhubungan dengan keamanan.

Laporan tersebut memperkirakan, tahun lalu Komite Investasi Asing di AS, yang meninjau transaksi untuk risiko keamanan nasional, memblokir hampir 10 miliar dolar AS transaksi, termasuk penjualan perusahaan semikonduktor dan aluminium AS.

Postcomended   Bocah 8 Tahun Diperkosa dan Dibunuh, Ketegangan Hindu-Muslim Memuncak

Tahun ini, sejumlah upaya profil tinggi investasi Cina telah diblokir – termasuk penjualan perusahaan pengiriman uang, Moneygram, kepada Ant Financial Cina; kepanjangan tangan pembayaran digitalnya Alibaba. Presiden AS, Donald Trump, juga telah meminta stafnya mengidentifikasi cara-cara baru untuk membatasi investasi Cina di AS.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari respon yang lebih luas terhadap dugaan pencurian kekayaan intelektual yang juga termasuk rencana untuk menerapkan tarif senilai 50 miliar dolar AS atas produk impor dari Cina. Laporan tentang investasi Cina ini mengatakan, bahwa sejauh manapun AS bertindak, akan memiliki “konsekuensi besar” untuk investasi masa depan.

Saat ini, menurut laporan itu, sekitar 140.000 orang di AS dipekerjakan oleh perusahaan yang mayoritas dimiliki oleh perusahaan Cina. Banyak dari mereka bekerja di sektor-sektor seperti real estate, perhotelan dan hiburan.

Investasi tahun lalu, sebagian besar dilakukan oleh perusahaan milik swasta, termasuk saham di Snapchat, pembelian bisnis yang menyewakan pesawat komersial, dan akuisisi portofolio properti komersial.

Postcomended   Mengintip Isi Garasi Cristiano Ronaldo #TimnasDay

Menilik pada investasi Cina yang bikin minder itu, perusahaan-perusahaan AS yang menginvestasikan sekitar 14 miliar dolar AS di Cina pada tahun lalu, bisa jadi lebih ragu-ragu untuk melakukan ekspansi bisnis di Cina, sebut laporan itu.(***/BBC)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top