Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

Iran Gertak Bakal Hancurkan Israel Jika Memulai Provokasi Perang

Share the knowledge

 

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=J6V3PjNUK60)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=J6V3PjNUK60)

Seorang komandan senior Pengawal Revolusi Iran telah mengancam akan menghancurkan Israel jika mereka mencoba berperang melawan Iran. Kekuatan militer Iran tak lebih baik dari Israel. Namun kemenangan rezim Bashar al-Assad yang didukung Iran atas oposisi Suriah yang didukung AS termasuk Israel, membuat Iran cukup merasa di atas angin.

Brigadir Jenderal Hossein Salami, wakil kepala Korps Pengawal Revolusi Islam, mengatakan, setiap serangan oleh Israel terhadap Iran pasti akan mengarah pada eliminasi sendiri. Salami bersuara setelah Israel membunuh 11 orang dalam serangan bom atas apa yang diyakini sebagai pangkalan militer Iran di dalam wilayah Suriah.

Serangan pemboman itu dilakukan Senin (28/1/2019) setelah Israel mengatakan mereka dipaksa mencegat rudal yang ditembakkan dari Suriah ke satu resor ski wilayahnya. Teheran telah menempatkan pasukan di negara yang dilanda perang itu untuk mendukung Assad, tetapi Israel khawatir musuh bebuyutannya ini menggunakan perang untuk membangun kehadiran militer permanen di perbatasannya.

Salami, berbicara di televisi milik negara, mengatakan: “Kami mengumumkan bahwa jika Israel mengambil tindakan untuk berperang melawan Kami, itu pasti akan mengarah pada penghapusan (mereka) sendiri dan pembebasan wilayah pendudukan (Palestina).”

Pernyataannya itu disampaikan ketika pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, juga memperingatkan Israel atas serangannya di Suriah, dengan mengatakan negara itu bisa menyeret kawasan itu ke dalam perang.

Postcomended   Tidur Nyeyak di Akhir Pekan Mengobati Kurang Tidur Seminggu

Nasrallah mengatakan kepada TV Al-Mayadeen bahwa Iran, Suriah dan Hizbullah dapat “kapan saja” memutuskan untuk menghadapi tindakan Israel secara berbeda. Kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dia berkata: “Berhati-hatilah. Jangan melanjutkan apa yang Anda lakukan di Suriah.”

“Jangan salah perhitungan dan jangan menyeret kawasan itu ke dalam perang atau konfrontasi besar.”
Para pejabat Iran sebelumnya mengatakan, Teheran yang tidak mengakui Israel, akan menanggapi dengan cepat setiap serangan Israel.

Israel mendukung langkah Presiden AS, Donald Trump, untuk mundur dari kesepakatan internasional 2015 tentang program nuklir Iran dan menyambut baik penerapan kembali sanksi Washington terhadap negara itu.

Israel melihat program nuklir dan rudal balistik Iran sebagai ancaman terhadap Israel. Namun Iran mengatakan pekerjaan nuklirnya hanya untuk tujuan damai. Kecemasan Israel kian memuncak ketika Trump secara mengejutkan mengaku akan menarik 2.000 tentaranya di Suriah, yang diduga menimbulkan kemarahan negara Yahudi ini.

Trump mengatakan dia berbicara dengan Netanyahu sebelum membuat pengumuman dan meyakinkan Netanyahu bahwa Israel akan diurus. “Kami akan sangat memperhatikan Israel. Israel akan menjadi baik. Kami memberi Israel 4,5 miliar setahun,” ujar Trump.

Postcomended   21 Januari dalam Sejarah: Bahasa Eyak Punah Seiring Meninggalnya Penutur Terakhir

Sekilas Perbandingan Kekuatan Militer Israel vs Iran

Dalam hal kekuatan di darat, Israel jauh lebih unggul untuk kendaraan tempur lapis baja. Mereka paling tidak memiliki 2.620 tank. Sementara Iran hanya memiliki 1.616 tank. Israel juga memiliki tak kurang dari 10.000 kendaraan lapis baja. Sementara Iran hanya memiliki 1.315 saja. Iran unggul di jumlah artileri. Mereka memiliki 2.000 meriam medan sementara Israel hanya 300.

Di laut, Iran terlihat lebih unggul dengan dilengkapi 33 kapal selam. Mereka disebut sudah mampu membuat kapal selam sendiri. Iran juga punya 3 kapal korvet, 230 kapal patroli dan 10 kapal penyapu ranjau. Sementara Israel memiliki 6 kapal selam, 32 kapal patroli dan 3 kapal korvet.

Dalam hal kekuatan Udara, Israel tercatat memiliki 242 buah jet tempur dan 243 jumlah jet serang darat. Sementara Iran hanya memiliki 137 pesawat tempur dan jet serang darat dengan jumlah hampir sama. Di atas kertas, kekuatan udara Israel jauh melebihi Iran.

Angkatan Udara Israel juga tercatat tak pernah kalah dalam pertempuran udara sejak tahun 1967. Mereka merontokkan pesawat tempur koalisi negara Arab tanpa perlawanan berarti.

Postcomended   Membangkangi Resolusi PBB, AS Segera Buka Kedutaannya di Yerusalem

Ihwal nuklir, entah mengapa terjadi semacam standar ganda, membiarkan Israel mengembangkannya, namun mencemaskan hal yang sama yang dilakukan Iran. Dalam hal dukungan negara lain, Iran hanya didukung Rusia, Cina, mungkin Turki. Sedangkan Israel didukung AS dan hamper pasti para sekutunya.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top