PM Malaysia Dituding Habiskan Rp80 M demi Penampilan CNN Indonesia Istri PM Malaysia Dituding Habiskan Rp80 M demi Penampilan

PM Malaysia Dituding Habiskan Rp80 M demi Penampilan CNN Indonesia Istri PM Malaysia Dituding Habiskan Rp80 M demi Penampilan

Tas-tas bermerek, perhiasan, jam tangan dan barang berharga lainnya serta puluhan tas berisi uang, disita polisi dari kondominium kelas atas Pavilion Residences milik mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, Jumat (18/5/2018). Ini belum termasuk barang-barang mewah lainnya yang disita dari kediaman Najib lainnya yang dikaitkan dengan gaya hidup mewah istri Najib. Pihak Najib menyebut penggeledahan ini sebagai “pelecehan”.

Semua barang sitaan itu dimasukkan ke dalam 284 kotak. Dalam pencarian terpisah dari rumah Najib, polisi juga menyita 10 jam tangan, sebagian besar bermerek Rolex, serta 35 tas dari berbagai merek ternama seperti Chanel, Gucci, Versace, Prada, dan Louis Vuitton.

Tas-tas mewah ini jika dihargai bisa mencapai 100.000 dolar AS lebih. Tidak jelas berapa banyak yang berada di dalam kotak oranye yang disita dari apartemen Pavilion.

Penggeledahan tempat-tempat yang terkait Najib ini merupakan bagian dari penyelidikan terhadap dana negara yang raib dalam skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang telah mengemuka sebelum pemillu 9 Mei lalu yang berakhir dengan kekalahan koalisi pimpinan Najib.

Postcomended   Negara Kecil Miskin Ini Akan Menjadi Paling Cashless di Muka Bumi

Penggeledahan ini menyusul instruksi PM baru, Mahathir Mohamad, yang melarang Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, meninggalkan negara itu. Mahathir (92), yang pernah menjadi mentor Najib, mengatakan, ada cukup bukti untuk menyelidiki skandal multi-miliar dolar di dana 1MDB yang didirikan Najib.

Pihak berwenang di enam negara, termasuk Amerika Serikat, sedang menyelidiki dana tersebut. Najib membantah melakukan kesalahan. Pengacaranya Kamis (17/5/2018) mengecam penggeledahan rumah-rumah terkait Najib itu sebagai “pelecehan”.

Kritik terhadap Najib sering terkait pada istrinya yang suka berbelanja barang mewah, yang disebut dilakukan menggunakan dana publik. Kebiasaan Rosmah berbelanja barang mewah saat bepergian ke seluruh dunia, telah menjadi rahasia umum.

Departemen Kehakiman AS mengatakan tahun lalu dalam pengajuan gugatan perdata bahwa hampir 30 juta dolar AS dana yang dicuri dari 1MDB digunakan untuk membeli perhiasan untuk Rosmah, termasuk berlian merah muda 22 karat yang langka yang disematkan pada sebuah kalung.

Postcomended   Beruang Kutub Pertama dan Terakhir yang Lahir di Wilayah Tropis Akhirnya Mati

Singh mengatakan polisi melakukan pencarian simultan di enam tempat yang terkait dengan Najib, termasuk kantor perdana menteri dan tempat tinggal resmi di ibukota administratif Putrajaya, rumah keluarga di Kuala Lumpur di mana Najib tinggal, dan tiga tempat tinggal pribadi lainnya yang terkait dengan Najib.

“Ini adalah hasil pencarian di salah satu dari enam tempat itu,” kata Singh, menunjuk ke ratusan barang mewah yang disita dari kondominium Pavilion. Singh mengatakan polisi juga menyita dokumen yang terkait dengan 1MDB.

Kisah keluarga Najib yang sering belanja barang mewah telah lama membuat banyak orang Malaysia sakit hati.

Seorang PM mendapatkan gaji tetap sebesar 22.826,65 ringgit (sekitar Rp 80 juta) per bulan dan tidak dapat berinvestasi dalam bisnis atau saham selama di kantor. Najib mendapat gaji bulanan tambahan 16.000 ringgit (Rp 56 juta) sebagai anggota parlemen.

Postcomended   Coldplay Rilis Lagu Dukung Imigran

Polisi memulai penggeledahan Rabu. Petugas terlihat memasuki rumah pribadi Najib sekitar 20 menit setelah di akun Twitter-nya Najib bercuit, memohon “pengampunan atas dosa masa lalu” tak lama setelah dia menghadiri doa pada malam bulan suci Ramadan.(***/reuters/newyorkpost)

Share the knowledge