Internasional

Ivanka Trump Digadang-gadang Menjadi Salah Satu Kandidat Presiden Bank Dunia

https://www.youtube.com/watch?v=MV988cvcEFM

Ivanka Trump (gambar dari: YouTube)


Ivanka, putri Presiden AS, Donald Trump, bersama mantan Duta Besar PBB, Nikki Haley, berada di antara kandidat yang mungkin akan menggantikan Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, yang mendadak mengundurkan diri belum lama ini.

Pada Jumat (11/1/2019), The Financial Times melaporkan bahwa selain Trump dan Haley; yang mengundurkan diri sebagai Duta Besar AS untuk PBB bulan lalu, nama-nama lain yang sedang mengambang termasuk Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional, David Malpass, dan kepala Badan AS untuk Pengembangan Internasional, Mark Green.

Ivanka, yang juga menjabat penasihat Presiden AS, pada 2017 adalah kekuatan pendorong di belakang dana Bank Dunia yang didukung Arab Saudi senilai 1 miliar dollar AS, untuk mempromosikan kewirausahaan oleh perempuan.

Departemen Keuangan (Depkeu) mengatakan Jumat bahwa mereka tidak memiliki komentar mengenai calon potensial. Depkeu telah menerima “sejumlah besar rekomendasi” kata seorang juru bicara. “Kami memulai proses peninjauan internal untuk calon AS. Kami berharap dapat bekerja sama dengan gubernur untuk memilih pemimpin baru.”

Postcomended   Para Pimpinan Keuangan Amerika: Ekonomi AS Akan Tenggelam dalam Resesi pada 2020

Dalam perjanjian tidak tertulis, Amerika Serikat, yang merupakan pemegang saham terbesar bank, selalu memilih pemimpinnya sejak lembaga ini didirikan setelah Perang Dunia II. Namun keberhasilan seorang kandidat AS tidak lagi tampak sepenuhnya terjamin.

Wacana pergantian Presiden Bank Dunia mengemuka setelah Jim Yong Kim tiba-tiba mengumumkan pada hari Senin bahwa ia akan memotong masa jabatannya sebagai presiden lembaga pemberi utang tersebut lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatan keduanya berakhir.

Kim adalah calon Amerika pertama yang menghadapi pemilihan yang diperebutkan sebagai presiden Bank Dunia pada 2012 dan dewan bank mengatakan proses pemilihannya akan terbuka dan transparan berdasarkan prestasi yang menyiratkan kandidat non-AS tidak akan dikesampingkan.

Dewan Bank Dunia, Kamis, mengatakan akan mulai menerima nominasi untuk pemimpin baru awal bulan depan dan memberi nama pengganti Kim pada pertengahan April depan.

Postcomended   "Feminisme" Dinobatkan sebagai Kata Tahun Ini, Kata "Dottard" Membuntuti

Siapa Ivanka?

Ivanka Trump adalah anak Donald Trump dari istri pertamanya, seorang model era 1980-an, Ivana Marie Zelnickova, yang berasal dari Cekoslovakia. Perempuan kelahiran 1981 ini menikah dengan seorang Yahudi-Amerika bernama Jared Kushner yang kini menjabat penasihat senior Presiden AS.

Dengan tinggi badan mencapai 1,8 meter, Ivanka juga pernah menjajal profesi peragawati. Sebagai anak pengusaha kaya, Ivanka melalui sekolah dasarnya di sekolah kalangan elit Chapin School, Manhattan, lalu dilanjut ke Choate Rosemary Hall di Wallingford, Connecticut.

Pendidikan tingginya dijalani di Georgetown University dan Wharton Business School, bagian dari University of Pennsylvania. Di universitas terakhir ini, Ivanka lulus pada 2004 dengan gelar cum laude untuk jurusan ekonomi.

Untuk diketahui, nama asli Ivanka sebenarnya sama dengan nama ibunya, Ivana Marie. Ivanka adalah nama kecil untuk Ivana yang berasal dari budaya Cekoslovakia. Ivanka menjadi anak yang paling diandalkan dan dibanggakan oleh Donald Trump, termasuk saat kampanye kepresidenanya pada 2016.(***/dariberbagaisumber)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top