Ekonomi

Jack Ma Ingin Terapkan Pola Jam Kerja “996” yang Cukup Kejam

Share the knowledge

Markas Alibaba di Hangzhou (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=IcFo-DJsGeo)

Markas Alibaba di Hangzhou (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=IcFo-DJsGeo)

Orang terkaya di Cina, Jack Ma, membela konsep jam kerja “996” yang cukup kejam, yakni mengharapkan karyawan untuk tunduk pada shift kerja 12 jam antara pukul 9 pagi dan pukul 9 malam, dan enam hari dalam seminggu.

Dari 168 jam dalam seminggu, karyawan Alibaba diharapkan untuk menghabiskan setidaknya 72 jam untuk bekerja. Pendiri pasar online Alibaba ini sedang membicarakan kurangnya keseimbangan kerja-kehidupan di antara para pekerja teknologi tinggi Cina.

Dia mengatakan kepada karyawan: “Saya pribadi berpikir bahwa bisa bekerja 996 adalah berkah yang sangat besar,” katanya dalam sambutan yang diposting di akun WeChat perusahaan, dikutip Daily Mail.

“Banyak perusahaan dan banyak orang tidak memiliki kesempatan untuk bekerja 996. Jika kamu tidak bekerja 996 ketika kamu muda, kapan kamu bisa bekerja 996?”

Postcomended   11 Juli dalam Sejarah: Laksamana Cheng Ho Memulai Penjelajahan ke Samudra Hindia

Masalah ini telah memicu perdebatan online dan protes pada beberapa platform pengkodean, di mana para pekerja telah bertukar contoh permintaan lembur yang berlebihan di beberapa perusahaan.

Ma, seorang mantan guru bahasa Inggris yang ikut mendirikan Alibaba pada 1999 dan telah menjadi salah satu orang terkaya di Cina, mengatakan, dia dan karyawan awal di Alibaba secara teratur bekerja berjam-jam. “Di dunia ini, semua orang menginginkan kesuksesan, menginginkan kehidupan yang menyenangkan, ingin dihormati,” kata Ma.

“Izinkan saya bertanya kepada semua orang, jika Anda tidak menghabiskan lebih banyak waktu dan energi daripada yang lain, bagaimana Anda bisa mencapai kesuksesan yang Anda inginkan?” Ma merujuk pada industri teknologi saat ini di mana sebagian orang tidak memiliki pekerjaan, atau bekerja di perusahaan untuk mencari pendapatan atau menghadapi penutupan.

Postcomended   Survei: Orang yang Sering Membaca Mengaku Lebih Bahagia

“Dibandingkan dengan mereka, hingga hari ini, saya masih merasa beruntung, saya tidak menyesal (bekerja 12 jam sehari), saya tidak akan pernah mengubah bagian diri saya ini,” katanya.

Bulan ini aktivis di Microsoft GitHub, situs repositori kode online, meluncurkan proyek berjudul “996.ICU”. Di sini para pekerja teknologi mendaftarkan Alibaba di antara perusahaan-perusahaan yang memiliki beberapa kondisi kerja terburuk.

Kamis (11/4/2019), sebuah opini yang dipublikasikan di surat kabar pemerintah menyatakan bahwa “996” melanggar UU Perburuhan Cina, yang menetapkan bahwa rata-rata jam kerja tidak dapat melebihi 40 jam semingg

“Menciptakan budaya perusahaan didorong lembur tidak hanya tidak akan membantu daya saing inti bisnis, tetapi juga dapat menghambat dan merusak kemampuan perusahaan untuk berinovasi,” tulis penulis yang tidak disebutkan namanya itu dalam People’s Daily.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top