Ekonomi

Jack Ma Mundur di Tengah Perang

Share the knowledge

Jack Ma berpenampilan seperti rocker saat acara pengunduran dirinya secara resmi (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=lUor-D0VHfs)

Jack Ma berpenampilan seperti rocker saat acara pengunduran dirinya secara resmi (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=lUor-D0VHfs)

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, yang membantu meluncurkan ledakan ritel online Cina, akhirnya resmi mengundurkan diri sebagai ketua Alibaba, Selasa (11/9/2019), di saat industri yang berubah dengan cepat ini menghadapi ketidakpastian akibat perang tarif AS-Cina.

Ma, salah satu pengusaha terkaya dan terkenal di Cina, menyerahkan jabatannya pada ulang tahunnya yang ke-55 sebagai bagian dari suksesi yang diumumkan setahun yang
lalu. Dia akan tetap menjadi anggota Kemitraan Alibaba, sebuah kelompok beranggotakan 36 orang dengan hak untuk mencalonkan mayoritas dewan direksi perusahaan.

Ma, seorang mantan guru bahasa Inggris, mendirikan Alibaba pada 1999 untuk menghubungkan eksportir Cina ke pengecer Amerika. Perusahaan telah bergeser fokus untuk melayani pasar konsumen Cina yang berkembang ke perbankan online, hiburan, dan komputasi awan. Bisnis domestik menyumbang 66% dari pendapatannya sebesar $ 16,7 miliar pada kuartal yang berakhir pada Juni.

Pengecer Cina menghadapi ketidakpastian di tengah perang tarif yang telah meningkatkan biaya impor AS. Pertumbuhan penjualan online melambat menjadi 17,8% pada paruh pertama 2019 di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi Cina, turun dari tingkat tahun penuh 2018 sebesar 23,9%.

Alibaba mengatakan pendapatannya naik 42% dibanding tahun sebelumnya pada kuartal yang berakhir Juni menjadi $ 16,7 miliar dan laba naik 145% menjadi $ 3,1 miliar. Namun, itu sedikit turun dari pertumbuhan pendapatan setahun penuh 2018 sebesar 51%.

Jumlah total barang yang dijual di seluruh platform e-commerce Alibaba naik 25% tahun lalu menjadi $ 853 miliar. Sebagai perbandingan, perusahaan e-commerce AS terbesar, Amazon.com Inc., melaporkan total penjualan $ 277 miliar.

Postcomended   Jack Ma Ingin Latih 10.000 Pemimpin Teknologi, Indonesia Episentrumnya

Wakil ketua Alibaba, Joe Tsai, mengatakan kepada wartawan Mei silam bahwa perusahaan itu “berada di sisi kanan” dari masalah dalam pembicaraan perdagangan AS-Cina. Tsai mengatakan Alibaba akan mendapat manfaat dari janji Beijing untuk meningkatkan impor dan pasar konsumen yang tumbuh.

Alibaba adalah salah satu dari grup perusahaan termasuk Tencent Holding Ltd., raksasa permainan dan media sosial, mesin pencari Baidu.com Inc., dan saingan e-commerce JD.com yang telah merevolusi belanja, hiburan, dan layanan konsumen di Cina.

Alibaba didirikan pada saat beberapa orang Cina sedang online. Seiring dengan penggunaan internet yang menyebar, perusahaan berkembang ke ritel dan layanan yang berfokus pada konsumen. Beberapa orang Cina menggunakan kartu kredit, jadi Alibaba menciptakan sistem pembayaran online Alipay.

Ma –dikenal dalam bahasa Cina sebagai Ma Yun– muncul secara teratur di televisi. Pada festival karyawan Alibaba tahunan di Hanzhou, dia menyanyikan lagu-lagu pop dengan kostum yang termasuk wig pirang dan jaket kulit. Dia mengolok-olok penampilannya sendiri, mengatakan kepalanya yang besar dan fitur sudut membuatnya tampak seperti alien dalam film sutradara Steven Spielberg “E.T. The Extraterrestrial. ”

Postcomended   Melanjutkan Debutnya di "Rogue Nation", Alibaba Lanjut Investasi di "Fallout"

Penawaran umum perdana perusahaan senilai $ 25 miliar di New York Stock Exchange pada September 2014 adalah yang terbesar hingga saat ini oleh sebuah perusahaan Cina.

Laporan Hurun, yang mengikuti kekayaan Cina, memperkirakan kekayaan Ma sebesar $ 38 miliar. Pada 2015, Ma membeli South China Morning Post, koran berbahasa Inggris terbesar Hong Kong.

Pengganti Ma sebagai ketua adalah CEO Daniel Zhang, mantan akuntan dan veteran Alibaba selama 12 tahun. Dia sebelumnya adalah presiden unit bisnis Tmall.com yang berfokus pada konsumen.

Bisnis e-commerce Alibaba mencakup platform termasuk bisnis-ke-bisnis Alibaba.com, yang menghubungkan pembeli asing dengan pemasok barang Cina mulai furnitur ke teknologi medis, dan Tmall, dengan toko online untuk merek-merek populer.

Alipay menjadi perusahaan finansial yang berdiri sendiri, Ant Financial, pada 2014. Alibaba juga mendirikan studio film sendiri dan berinvestasi dalam layanan logistik dan pengiriman.

Ma menghadapi kontroversi ketika diungkapkan pada 2011 bahwa Alibaba mengalihkan kendali atas Alipay ke perusahaan yang dikontrolnya tanpa segera memberi tahu para pemegang saham termasuk Yahoo Inc. dan Softback Jepang.

Postcomended   Klik Mesin Pencari Geevv, Pikirkan Manfaat Sosialnya #suruhgoogleaja

Alibaba mengatakan langkah itu diperlukan untuk mematuhi peraturan Cina, tetapi beberapa analis keuangan mengatakan perusahaan dibayar terlalu sedikit untuk aset berharga. Perselisihan itu kemudian diselesaikan oleh Alibaba, Yahoo dan Softbank.

Spesialis tata kelola perusahaan telah mempertanyakan Kemitraan Alibaba, yang memberi Ma dan sekelompok eksekutif kontrol lebih besar atas perusahaan daripada pemegang saham. Ma telah mengatakan bahwa memastikan Alibaba berfokus pada pengembangan jangka panjang alih-alih menanggapi tekanan dari pasar keuangan.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top