https://www.thesun.co.uk/wp-content/uploads/2016/1... www.thesun.co.uk960 × 714Search by image

https://www.thesun.co.uk/wp-content/uploads/2016/1… www.thesun.co.uk960 × 714Search by image

https://www.balkaninsight.com/en/file/show//Images... www.balkaninsight.com640 × 480Search by image

https://www.balkaninsight.com/en/file/show//Images… www.balkaninsight.com640 × 480Search by image

Mantan pemimpin militer Serbia Bosnia, Ratko Mladic, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Rabu (22/11/2017) oleh Pengadilan Pidana Internasional di Den Haag, Belanda. Mladic dinyatakan bersalah melakukan kekejaman genosida (pembantaian untuk pembersihan etnis) yang dilakukan selama perang Bosnia dari tahun 1992-1995. Sebelum sidang dimulai, Jagal Bosnia ini sempat dadah-dadah kepada wartawan seraya menebar senyum.

Kondisi ceria Mladic tersebut bertentangan dengan pernyataan kuasa hukum Mladic yang mengatakan tekanan darah terdakwa kejahatan perang berusia 74 tahun ini terlalu tinggi untuk melanjutkan proses pengadilan. Hakim menolak permintaan kuasa hukumnyabini.

Menanggapi vonis tersebut, Mladic berteriak-teriak di ruang sidang. “Saya sangat putus asa,” seru Mladic. “Segala sesuatu yang Anda katakan adalah kebohongan murni. Malu pada Anda, itu semua kebohongan,” ujarnya.

Kelakuan Mladix ini membuat Hakim Alphons Orie, memerintahkan pihak keamanan untuk menarik Mladic dari ruang sidang. Pada sidang praperadilan tahun 2011, dia mengatakan, “Saya jendral Ratko Mladic. Seluruh dunia tahu siapa saya. Saya di sini membela negara dan rakyat saya, bukan (membela) Ratko Mladic.”

Postcomended   Setelah Teriak "Saya Bukan Penjahat Perang!" Komandan Perang Bosnia Tenggak Racun dan Tewas

 

Mladic didakwa dengan dua tuduhan genosida dan sembilan kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang karena perannya dalam konflik di bekas negara Yugoslavia dari tahun 1992-1995.

Mantan jenderal tersebut didakwa melakukan genosida untuk pembantaian 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia yang tidak bersenjata yang dikumpulkan di kota Srebrenica.

Selain itu dia juga dituduh melakukan pengepungan selama 43 bulan di Sarajevo dimana ribuan warga sipil terbunuh oleh artileri, mortar, tank dan tembakan para penembak jitu. Aksi pembantaian ini dinilai terburuk yang pernah terjadi di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Ketika Bosnia Serbia bangkit untuk sebuah referendum kemerdekaan oleh umat Islam dan orang-orang Kroasia, Mladic mengambil alih pasukan Beograd di Bosnia yang dengan cepat menguasai 70 persen negara tersebut dengan kombinasi antara keberanian, kekejaman dan kebrutalan.

Ratko Mladic trial: 'Butcher of Bosnia' in court over war crimes ... Daily Mail634 × 400Search by image Salute: Ratko Mladic (right) pays tribute to his troops in the east Bosnian

Ratko Mladic trial: ‘Butcher of Bosnia’ in court over war crimes … Daily Mail634 × 400Search by image Salute: Ratko Mladic (right) pays tribute to his troops in the east Bosnian

Paramiliter Serbia memasuki konflik dengan sebuah kampanye pembunuhan, pemerkosaan, mutilasi dan pengusiran terutama terhadap orang-orang Muslim Bosnia. Puluhan kota dikepung dengan senjata berat dan desa-desa dibakar. Sebanyak 22.000 pasukan penjaga perdamaian PBB hanya berdiri tanpa daya, dengan perintah untuk tidak memihak.

Postcomended   "Genosida Intelektual" Telah Menjegal Rencana Besar Bung Karno untuk 1980-an

 

Ataa vonis tersebut, oengacara Mladic, Dragan Ivetic, mengatakan pihaknya akan mengajukan banding. Pengadilan ad hoc yang digelar pada 2012 ini sengaja dibentuk untuk mengadili kejahatan yang terjadi selama konflik Balkan.

Jaksa Serge Brammertz mengatakan kepada wartawan bahwa Mladic akan diingat oleh sejarah atas banyak komunitas dan kehidupan yang dihancurkannya. “Penghakiman hari ini merupakan tonggak sejarah tribunal dan tonggak untuk keadilan internasional,” tambahnya.

Postcomended   Bob Geldof Kembalikan Penghargaan Sama yang Juga Diterima Aung San Suu Kyi

Pengadilan Mladic, sejak dia ditangkap pada tahun 2011, telah berlangsung 530 hari dan mencakup lebih dari 500 saksi.

Mladic sebelumnya menyebut pengadilan tersebut sebagai “setan” dan memberi label tuduhan terhadapnya sebagai “menjengkelkan.”(***/CNN/Independent)

Share the knowledge