Loading...
Lifestyle

Jeda Dua Jam antara Makan dan Tidur Ternyata Tak Banyak Manfaatnya

Share the knowledge

 

Jeda dua jam antara makan malam dan tidur tak banyak memengaruhi kesehatan (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=T-5g4013ks8)

Jeda dua jam antara makan malam dan tidur tak banyak memengaruhi kesehatan (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=T-5g4013ks8)

Selama ini Anda mungkin tekun mengikuti saran untuk jeda dua jam setelah makan dan sebelum tidur. Adakah terasa manfaatnya? Jika tidak, tak heran, karena menurut studi terbaru, jeda dua jam tidak selalu memberi manfaat bagi kesehatan. 

Umumnya dipercaya bahwa makan sesaat sebelum tidur dapat berdampak buruk jangka panjang pada kesejahteraan Anda, yang mengarah ke masalah seperti peningkatan risiko kanker.

Namun, para peneliti dari Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan di Universitas Okayama di Jepang tampaknya menolak pernyataan ini, dengan menyatakan bahwa menyisakan dua celah antara waktu makan terakhir Anda dan waktu tidur Anda tidak akan mempengaruhi kadar glukosa darah.

Di Jepang, masyarakat bahkan disarankan untuk meninggalkan dua jam di antara makan malam dan tidur, setidaknya tiga kali seminggu.

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Nutrition, Prevention and Health, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan antara 2012 dan 2014 dari 1.573 orang dewasa paruh baya dan lebih tua yang sehat dari Okayama di Jepang barat.

Postcomended   Cegah Kanker Usus dengan Sayuran Krusiferus

Tidak ada orang dewasa yang memiliki kondisi kesehatan mendasar terkait diabetes, dua pertiga dari kohort adalah perempuan, dan mayoritas berusia di atas 65 tahun.

Tim menilai pola makan kelompok itu di samping faktor gaya hidup lain seperti berat badan, seberapa cepat mereka makan, berapa banyak aktivitas fisik yang mereka ambil, dan apakah mereka merokok.

Selama penelitian, para peneliti juga memantau kadar HbA1c dari para peserta, yang menunjukkan kadar glukosa darah individu selama periode dua hingga tiga bulan.

Sebagian kecil peserta secara teratur pergi tidur dalam waktu dua jam setelah makan malam. Sementara tingkat rata-rata HbA1c dari kelompok naik sedikit selama penelitian, meningkat dari 5,2 persen pada 2012 menjadi 5,58 persen pada 2013 dan 2014, para peneliti menyimpulkan bahwa meninggalkan setidaknya dua jam antara makan dan tidur memiliki pengaruh yang sangat kecil pada bangkitnya kadar glukosa darah.

Postcomended   Penyelidikan Kriminal atas Bedak Johnson&Johnson Terkait Kanker, Berlanjut

Mereka menemukan bahwa faktor gaya hidup lain seperti tekanan darah, aktivitas fisik, dan “minum” berlebihan, memiliki dampak yang lebih signifikan pada kadar glukosa darah.

Sementara para peneliti mengakui bahwa studi ini semata-mata observasional, mereka percaya bahwa temuan mereka menunjukkan perlunya penekanan lebih ke mendorong orang untuk mengikuti gaya hidup seimbang daripada pada mendesak orang untuk meninggalkan jeda dua jam antara waktu tidur mereka dan waktu makan terakhir mereka.

“Bertentangan dengan kepercayaan umum, memastikan interval pendek antara makan terakhir hari dan waktu tidur tidak secara signifikan mempengaruhi tingkat HbA1c,” mereka menyatakan.

“Perhatian yang lebih besar harus diberikan pada porsi yang sehat dan komponen makanan, mendapatkan tidur yang cukup, dan menghindari merokok; konsumsi alkohol, dan kelebihan berat badan, karena variabel-variabel ini memiliki pengaruh yang lebih mendalam pada proses metabolisme,” ujar mereka.***

Postcomended   Belajar dari Kanada: Ganja Dilegalkan, Orang Tua Pusing Tujuh Keliling
Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top