Jeff Bezos, Son Of Cuban Immigrant, Gives $33 Million To Nonprofit Helping Dreamers Pay For College (Forbes)

Pernah kejar-kejaran dengan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia pada tahun lalu dan kalah, Jeff Bezoz akhirnya mampu menyalip jumlah kekayaan boss Microsoft tersebut. Namun isu kesejahteraan karyawan meghantui Bezos.

Bezos sekarang memiliki kekayaan bersih 141.9 miliar dolar AS (sekitar Rp 2.000 triliun). Nilai tersebut 40 miliar dolar AS lebih banyak tahun lalu, dan 49 miliar dolar AS lebih banyak dari kekayaan rival terdekatnya, Bill Gates.

Bezos menyadari, Amazon bisa menjadi sukses ketika dia melihat bahwa penggunaan internet meningkat 2.300 persen per tahun, seraya mengatakan bahwa dia tidak tahu hal lain yang tumbuh begitu cepat seperti itu.

Berbicara di Universitas Princeton, dia menjelaskan bahwa prospek itu sangat menarik baginya. “Ide membangun toko buku online dengan jutaan judul; sesuatu yang tidak mungkin ada di dunia fisik, sangat menarik bagi saya,” ujar Bezos.

Postcomended   Singapura Hanya Rogoh Kocek Rp 160 Miliar Kok

Dia bukannya tidak ragu pada idenya itu, tetapi dia tahu dia akan menyesal jika tidak mencoba. Maka dia meluncurkan Amazon pada 1994, tepat di saat internet mulai dikenal.

Perusahaan ini “go public” tiga tahun kemudian, dan telah meningkat dalam ukuran sejak itu. Tahun 2018 ini, perusahaan pengecer online terbesar di dunia ini mencapai tempat ke-8 dalam daftar Fortune 500, dengan pendapatan 177,87 miliar dolar AS.

Bezos saat ini memiliki 16 persen dari Amazon, dan karena saham terus mencapai rekor tertinggi, kekayaan bersih Bezos akan terus melakukan hal yang sama.

Beberapa minggu yang lalu, Bezos menjadi satu-satunya miliarder dunia karena kekayaan bersihnya melampaui 100 miliar dolar AS, meningkat sebesar 3,3 miliar dolar AS dalam waktu satu minggu hingga 138,8 miliar dolar AS. Dalam waktu singkat sejak saat itu, nilainya naik lagi menjadi 141.9 miliar dolar AS saat ini.

Setelah mengambil Whole Foods tahun lalu, Amazon baru-baru ini membuat kesepakatan dengan Liga Utama Inggris untuk melakukan streaming pertandingan menggunakan Amazon Prime.

Postcomended   E-commerce Asia Tenggara Makin Seru: Tokopedia Dikucuri Alibaba Rp 14 Triliun

Pelit Kepada Karyawan
Namun, kesuksesan Bezos muncul di tengah sejumlah kontroversi seputar perawatan dan pembayaran karyawannya.

CNN Money mengungkap, gaji rata-rata karyawan Amazon pada 2017 adalah 28.446 dolar AS, dan membandingkan upah dengan kekayaan bersih Bezos jika ia membagikannya:

“Jika CEO perusahaan memutuskan untuk menyalurkan 40 miliar dolar dalam peningkatan kekayaan bersih pada 2018 kepada para pekerjanya, masing-masing akan mendapatkan sekitar 70.000 dolar AS; lebih dari dua kali lipat gaji karyawan median Amazon.”

Masalah serupa juga muncul beberapa hari yang lalu ketika lebih dari 400 karyawan dari The Washington Post, media yang dibeli Bezos pada 2013, menandatangani surat yang meminta miliarder itu untuk memberi “upah yang adil, manfaat yang adil untuk pensiun, cuti keluarga, perawatan kesehatan, dan adil dalam jumlah keamanan kerja,” lapor Geek Wire.

The Washington Post dilaporkan telah melipatgandakan jumlah pelanggan digitalnya dan meningkatkan lalu lintas online-nya lebih dari setengah dalam setahun terakhir. Namun karyawan mengatakan mereka tidak melihat manfaat apa pun setelah keberhasilan itu.

Postcomended   5 Juli dalam Sejarah: "Return of Law" Timbulkan Gelombang Imigrasi Yahudi ke Israel

Surat kabar itu berterima kasih kepada Bezos karena membeli koran ini di masa ketika media tradisional “runtuh”. Tetapi kemudian mereka meminta CEO Amazon ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa dia tidak hanya dapat memimpin jalan dalam menciptakan kekayaan, tetapi juga tahu cara membagikannya kepada orang yang membantu usahanya berjalan.(***/unilad)

Share the knowledge